Tugas Seorang Moderator Apa sih? Simak Penjelasannya!

Seringkali masyarakat mengira bahwa moderator dan MC itu sama. Jika dilihat sekilas, moderator dan MC terlihat sama. Namun sebenarnya kedua hal tersebut berbeda ya. Lalu sebenarnya tugas seorang moderator itu apa sih? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari kita ketahui dulu pengertian dari moderator.

Pengertian moderator secara umum adalah orang yang menjadi pengarah dalam sebuah acara (seminar, rapat, debat, dan lain sebagainya). Mengapa acara tersebut membutuhkan sebuah pengarah? Karena didalamnya terdapat batasan waktu dari seorang pembicara untuk mengemukakan materi yang telah disiapkan.

Tanpa adanya moderator maka acara dapat berlangsung selama berjam-jam, karena tidak ada batasan waktu dan orang yang mengarahkannya. Jadi peranan moderator disini bisa dikatakan sebagai seseorang yang menjembatani atau memimpin waktu berjalannya sebuah diskusi antara pembicara 1, pembicara 2, hingga sesi diskusi berakhir.

Biasanya moderator digunakan dalam acara-acara yang sifatnya diskusi yang melibatkan beberapa pembicara yang telah menyesuaikan dengan topik pembicaraan (tema). Berikut beberapa acara yang membutuhkan seorang moderator untuk memimpin jalannya diskusi:

  • Moderator dalam rapat
  • Moderator dalam seminar
  • Moderator dalam debat
  • Moderator dalam presentasi
Tugas seorang moderator, Sumber: dreamstime.com
Tugas seorang moderator, Sumber: dreamstime.com

Tugas Seorang Moderator

Sama halnya dengan seorang MC atau pembawa acara, seorang moderator juga memiliki tugas penting dalam sebuah acara. Penasaran dengan apa saja tugas dari moderator? Berikut tugas dari seorang moderator yang perlu Anda ketahui.

1. Menjadi Pengawas Jalannya Forum

Untuk yang pertama, tugas moderator adalah menjadi pengawas jalannya sebuah forum yang berlangsung. Di sini moderator bertugas untuk menjadi pembuka untuk mengawali sesi diskusi dengan pembicara yang telah siap memaparkan bahan diskusi. Seorang moderator bertugas untuk mengawasi semua hal yang menyangkut kelancaran dalam forum diskusi.

Misalnya saja jika di tengah diskusi terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti mic pembicara mati. Nah, di sini moderator harus dengan sigap mengganti mic tersebut. Bisa jadi meminjamkan micnya ataupun memintakan pada panitia. Sehingga yang berkaitan dengan pembicara yang mengurus adalah seorang moderator.

2. Memastikan Arah Pembicaraan Sesuai Tema

Menjadi seorang moderator tidak boleh hilang fokus ya, jadi Anda dituntut untuk memahami topik pembicaraan yang sedang dibahas. Sehingga ketika pembicara membahas sesuatu hal yang tidak sesuai dengan topik, maka moderator dapat mengarahkan pembicara ke dalam topik pembahasan yang seharusnya.

Begitu juga dalam sesi tanya jawab, jika jawaban pembicara atau pertanyaan peserta kurang relevan maka moderator harus menyesuaikannya dengan topik yang dibahas. Sehingga pemahaman akan topik sangat dibutuhkan oleh seorang moderator agar forum diskusi dapat berjalan dengan lancar.

3. Memberikan Sebuah Peringatan

Tugas seorang moderator berikutnya ialah memberikan sebuah peringatan. Maksudnya di sini adalah jika ada beberapa hal yang mengganggu jalannya diskusi. Misalnya peserta terlalu berisik atau yang lainnya, moderator berhak untuk menegur atau memberikan peringatan. Supaya sesi diskusi dapat berjalan dengan tenang dan pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Selain itu adalah masalah waktu, saat proses diskusi biasanya saking asyiknya topik pembahasan, pembicara sering lupa dengan waktu. Tugas moderator di sini adalah memberikan peringatan kepada pembicara bahwa waktunya tersisa berapa menit atau waktunya sudah mau habis. Jadi acara dapat berjalan dengan tepat waktu sesuai rundown acara.

Moderator dalam forum diskusi, Sumber: bagiinfo.com
Moderator dalam forum diskusi, Sumber: bagiinfo.com

4. Memberikan Respon Terhadap Pembicara

Saat pembicara sedang memaparkan materinya, seorang moderator bertugas untuk merespon pembicara. Bisa dengan menganggukkan kepala maupun tersenyum selama proses diskusi sedang berlangsung. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda adalah seorang moderator yang profesional dan menghargai pembicara saat memukakan materi.

Baca juga: Cara Menguasai Audiens Saat Anda Tampil Berpidato

5. Mencairkan Suasana

Tidak jarang selama proses diskusi sedang berlangsung, suasana akan menjadi tegang dan kurang kondusif. Sehingga moderator perlu memberikan beberapa “sentuhan” yang dapat mencairkan suasana agar tidak tegang. Kemampuan untuk mencairkan suasana ini sangat penting untuk dimiliki oleh seorang moderator.

6. Memberikan Kesimpulan

Hal yang wajar jika seseorang yang berada di atas panggung mengalami perasaan takut maupun grogi. Namun itu semua bukan menjadi alasan seorang moderator tidak bisa memberikan kesimpulan. Selama berjalannya forum, moderator harus fokus dengan apa saja yang dibahas selama diskusi. Tujuannya agar moderator dapat memberikan kesimpulan yang baik dan relevan sebagai penutup diskusi.

Apa Bedanya Moderator dengan MC

Nah masih banyak yang menganggap seorang moderator dengan MC atau pembawa acara itu sama. Namun pada kenyataannya mereka itu berbeda. Berikut beberapa perbedaan moderator dan MC, jangan sampai keliru lagi ya.

Dilihat dari Rangkaian Acara

Hal ini merupakan pembeda yang cukup menonjol mengenai perbedaan dari moderator dan MC. Seorang MC akan bertanggung jawab pada keseluruhan rangkaian acara yang telah dipersiapkan. Mulai dari awal hingga akhir acara.

Sedangkan untuk moderator, ia hanya bertanggung jawab pada sesi diskusi saja. Jadi moderator bertanggung jawab pada salah satu rangkaian acara. Pada sesi diskusi, semua tanggung jawab mengenai sesi tersebut diambil penuh oleh seorang moderator. Jika sesi diskusi telah selesai dan menuju ke rangkaian acara selanjutnya maka tanggung jawab dialihkan kembali pada MC.

Fokus Komunikasi

Untuk seorang MC fokus komunikasinya kepada seluruh peserta atau tamu yang menghadiri acara tersebut. MC berupaya untuk menjaga ketertarikan peserta selama rangkaian acara berlangsung. Berbeda dengan moderator, walaupun terkadang moderator juga berkomunikasi pada peserta namun fokus utama dari seorang moderator adalah narasumber atau pembicara.

Moderator dalam presentasi, Sumber: kumparan.com
Moderator dalam presentasi, Sumber: kumparan.com

Itulah tadi pembahasan seputar tugas dari seorang moderator hingga perbedaan moderator dengan MC. Tambahan informasi untuk Anda yang ingin menggelar sebuah acara dan membutuhkan podium minimalis, maka bisa menghubungi kami Jaya Podium. Kami merupakan produsen yang memproduksi langsung berbagai podium pesanan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga podium minimalis, ukuran podium minimalis, hingga harga podium pidato, Anda bisa menghubungi kami dikontak yang telah tersedia. Jangan lupa untuk mengikuti artikel menarik kami misalnya saja cara mengatasi glossophobia dan informasi lainnya. Anda bisa mengakses laman website kami untuk mendapatkan informasi tersebut.

Leave a Reply