Tips Menjadi Pembawa Acara, Pemula Silahkan Merapat!

Menjadi seorang pembawa acara atau biasa disebut dengan MC (Master of Ceremony) bukanlah hal yang mudah. Meskipun demikian, bukan berarti tidak bisa ya. Hanya saja memang perlu dilakukan latihan yang rutin agar menjadi seorang yang handal. Untuk pemula agar menjadi seorang MC yang handal, maka perlu mengikuti beberapa tips menjadi pembawa acara sebagai dasarnya.

Seorang pembawa acara dapat dikatakan sebagai “nyawa” dari sebuah acara yang diselenggarakan. Tanpa adanya pembawa acara, kegiatan yang dilakukan tidak dapat berjalan dengan lancar. Karena tidak ada yang seseorang yang mengatur jalannya acara. Pembawa acara juga harus memiliki public speaking yang baik, karena berkaitan langsung dengan audiens.

Meskipun memiliki soft skill dari public speaking yang baik, terkadang MC profesional juga bisa mengalami demam panggung. Kondisi tersebut memang wajar dialami oleh beberapa orang yang harus menghadapi banyak orang atau bicara di depan umum. Jika Anda pernah mengalaminya tidak usah panik itu adalah hal yang wajar, bukan karena Anda pemula lantas berkecil hati.

Seorang pembawa acara, Sumber: bangka.tribunnews.com
Seorang pembawa acara, Sumber: bangka.tribunnews.com

Tips Menjadi MC yang Baik

Sebagai pemula untuk bisa menjadi profesional dan handal tentu saja diperlukan banyak belajar dan memiliki banyak pengalaman. Untuk dasar menjadi seorang pembawa acara yang baik, perlu memperhatikan beberapa point. Berikut di bawah ini beberapa tips menjadi pembawa acara bagi pemula yang bisa Anda pelajari.

1. Mengenal Acara dengan Baik

Tips pertama untuk menjadi pembawa acara yang baik ialah mengenal acara yang akan diselenggarakan dengan baik. Jalin komunikasi dengan panitia yang bersangkutan secara intens, hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih memahami mengenai acara tersebut. Anda juga perlu tau dengan detail jenis acara yang akan Anda bawakan (formal/non formal).

Kemudian tempat acara diselenggarakan dimana, agar Anda dapat menyesuaikan. Setelah itu kegiatan tersebut akan dimulai dari jam berapa hingga berapa. Tidak boleh ketinggalan adalah tamu yang akan hadir pada acara tersebut. Mulai dari bintang tamu, tamu undangan, maupun hadirin. Anda perlu mengetahui semua itu.

Ikutlah saat panitia melakukan briefing mengenai rundown acara dan yang lainnya. Sehingga Anda dapat mempersiapkannya secara matang sebelum hari H pelaksanaan. Menguasai acara juga sebagai bentuk upaya agar Anda lebih tenang dan tidak mengalami cemas berlebihan.

Mengenal acara dengan baik, Sumber: unsplash.com
Mengenal acara dengan baik, Sumber: unsplash.com

2. Lakukan Persiapan

Setelah memahami mengenai acara yang akan Anda pandu, maka cara jadi mc yang baik berikutnya ialah persiapan. Seorang profesional yang sudah handalpun juga melakukan persiapan yang matang sebelum acara. Terlebih Anda yang masih pemula tentu saja sangat perlu melakukan persiapan. Persiapan penting dilakukan agar menghindari kesalahan yang mungkin terjadi di atas panggung.

Baca juga: Tips Senam Bibir Untuk Berpidato Lancar

Pelajari kembali susunan pembawa acara yang telah Anda terima dari panitia. Anda bisa juga meminta masukan dari MC yang memiliki pengalaman lebih di atas Anda. Tujuannya agar persiapan yang Anda lakukan lebih terarah. Lakukan latihan tidak hanya sekali, namun terus menerus agar Anda terbiasa dan tidak nervous menjelang hari H.

Lakukan persiapan, Sumber: hipwee.com
Lakukan persiapan, Sumber: hipwee.com

3. Percaya Diri

Salah satu kunci menjadi seorang pembawa acara ialah percaya diri. Percaya diri termasuk langkah awal yang diperlukan untuk menjadi seorang MC yang handal. Jika Anda tidak percaya diri, lantas bagaimana Anda dapat memandu sebuah acara?

Percayalah pada kemampuan yang Anda miliki, jika seseorang memilih Anda untuk menjadi pembawa acara berarti ia percaya terhadap kemampuan yang Anda miliki. Orang lain saja dengan kemampuan Anda, maka diri Anda sendiri juga harus yakin dan percaya bahwa bisa membawakan acara dengan baik.

Ilustrasi percaya diri, Sumber: hipwee.com
Ilustrasi percaya diri, Sumber: hipwee.com

4. Mengontrol Diri

Tips menjadi pembawa acara yang baik berikutnya ialah bisa mengontrol diri. Terkadang saat membawakan acara terjadi kesalahan penyebutan kata atau yang lainnya, pada saat itu jangan panik. Anda harus bisa mengontrol diri untuk terus melanjutkannya. Biasanya kesalahan tersebut terjadi karena Anda terlalu grogi dan takut.

Jika Anda menyadari ada kesalahan kata, maka bisa langsung memperbaikinya. Setelah diperbaiki jangan terpaku dengan kesalahan yang tidak sengaja Anda lakukan tadi. Teruslah melanjutkan acara yang sudah Anda pandu. Kontrol perasaan itu penting, sehingga saat memandu acara meski ada kata yang salah Anda bisa tetap profesional.

Mengontrol diri, Sumber: universitaspsikologi.com
Mengontrol diri, Sumber: universitaspsikologi.com

5. Terus Tersenyum dan Tenang

Salah satu cara menjadi pembawa acara yang baik yakni terus tersenyum selama acara berlangsung. Masih berkaitan dengan mengontrol diri, jika terjadi kesalahan Anda harus tetap tersenyum dan bersikap tenang. Sehingga audiens tau bahwa Anda adalah seorang MC profesional yang dapat menghadapi kesalahan kecil dengan tenang.

Selain itu jika terjadi sesuatu hal selama acara berlangsung Anda juga tidak boleh terbawa suasana. Anda harus bisa menguasai audiens agar tetap fokus terhadap Anda dan jalannya acara.

Tetap tenang dan tersenyum, Sumber: boombastis.com
Tetap tenang dan tersenyum, Sumber: boombastis.com

6. Komunikatif

Cara menjadi mc yang menarik ialah harus komunikatif. Ajak audiens menjawab pertanyaan ringan yang Anda ajukan agar terjadi komunikasi, sehingga audiens tidak bosan selama acara berlangsung. Anda juga bisa menyelipi ice breaking saat acara untuk mencairkan suasana supaya tidak tegang.

Saat memandu acara, Anda juga harus bisa mengolah kata-kata yang Anda lontarkan. Sesuaikan dengan jenis acara yang sedang Anda pandu. Agar audiens mengerti, kalimat yang Anda sampaikan juga harus perlahan. Meskipun grogi, namun Anda tidak diperkenankan untuk bicara dengan cepat-cepat. Bicaralah secara perlahan agar audiens bisa mengerti apa yang Anda ucapkan.

Ilustrasi komunikatif, Sumber: suarasikap.com
Ilustrasi komunikatif, Sumber: suarasikap.com

7. Berpakaian yang Tepat

Tips berikutnya agar menjadi pembawa acara yang baik ialah dengan berpakaian yang tepat. Seorang MC tentu saja menjadi pusat perhatian seluruh hadirin yang ada, maka diperlukan tampilan yang menarik. Sesuaikan tampilan Anda dengan jenis acara yang sudah disampaikan oleh panitia. Jadi Anda tidak salah kostum dan menarik untuk dilihat.

Berpakaian yang tepat, Sumber: kompasiana.com
Berpakaian yang tepat, Sumber: kompasiana.com

8. Berdoa Sebelum Acara

Supaya acara dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan, dibutuhkan doa yang baik. Selain melakukan latihan dan persiapan yang matang, perlu diimbangi juga dengan berdoa. Karena mungkin saja terjadi sesuatu hal diluar kapasitas manusia. Jadi agar Anda lebih tenang dan acara dapat berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk selalu berdoa ya!

Ilustrasi berdoa, Sumber: liputan6.com
Ilustrasi berdoa, Sumber: liputan6.com

Ada tambahan informasi bagi Anda yang sedang mencari podium minimalis untuk berbagai kegiatan, bisa menghubungi Jaya Podium. Jaya Podium merupakan produsen yang memproduksi langsung berbagai pesanan podium Anda. Untuk mengetahui harga podium minimalis, Anda bisa menghubungi kami di kontak yang telah tersedia.

Demikian informasi yang kami sampaikan terkait tips menjadi pembawa acara yang baik untuk pemula. Terima kasih atas perhatian Anda, semoga informasi tersebut bermanfaat. Untuk mendapatkan informasi lain seputar kelebihan podium minimalis atau yang lainnya, bisa Anda akses langsung di website Jaya Podium.

Leave a Reply