Tips Memilih Mimbar Masjid Minimalis yang Cocok Untuk Kebutuhan

Mimbar masjid minimalis menjadi salah satu produk dekorasi ruangan yang sudah banyak peminatnya. Pasalnya, ada kelebihan seperti ukuran podium masjid minimalis sehingga lebih mudah dipakai untuk beberapa kegiatan penting. Mimbar minimalis demikian juga podium minimalis saat ini telah diproduksi di banyak produsen peralatan dekorasi ruangan.

Bagaimana tips mencari mimbar minimalis agar mendapatkan barang yang berkualitas? Sebelum menuju ke ulasan terkait tipsnya, ada berbagai hal seputar podium minimalis ini yang menarik untuk disimak. Mari ikuti ulasannya yang berhasil dirangkum oleh tim redaksi podium minimalis.

Sejarah Mimbar Masjid

Mimbar di Masjid Nabawi, sumber : Pinterest
Mimbar di Masjid Nabawi, sumber : Pinterest

Masjid adalah tempat yang simbolik bagi Umat Muslim. Tempat ini sebenarnya menjadi pusat berbagai aktivitas ibadah. Bukan hanya bagaimana bangunan masjid, termasuk fasilitas didalamnya seperti ukuran podium masjid minimalis dan posisinya juga berdasarkan pedoman. Lantas bagaimana keberadaan mimbar masjid bermula?

Masjid yang dikenal sebagai yang pertama kali dibangun adalah Masjid Nabawi di Madinah. Di sinilah berbagai aktivitas dicontohkan mulai dari muadzin yang memanggil Umat Muslim untuk pelaksanaan sholat hingga aktivitas khutbah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam setiap kesempatannya.

Suatu ketika, pada saat Nabi SAW menyampaikan khutbah dihadapan Umat Muslim, Nabi merasa kelelahan. Sehingga Beliau SAW menancapkan batang kurma di sisinya yang dijadikan sandaran apabila merasa lelah berdiri terlalu lama. Inilah yang mengilhami Umat Muslim hingga akhirnya terdapat mimbar masjid.

Pada awalnya bentuk mimbar Nabi Muhammad SAW hanyalah berupa gundukan yang terbuat dari kayu. Namun lama kelamaan, bentuk mimbar semakin dimodifikasi sesuai dengan keperluan dan kebutuhan. Selama bentuknya tidak bertentangan dan berlebihan, sebuah mimbar yang bagus sah-sah saja.

Dengan tinggi mimbar sekitar 125 cm, mimbar Nabi SAW pada masa itu memiliki anak tangga dengan ketinggian 18-25 cm. Lebar anak tangga 18-25 cm. Lebar dan panjang mimbar dibuat dengan ukuran 50 cm atau satu hasta dan memiliki sandaran yang terdiri atas tiga tiang.

Secara umum, para Ulama dalam permasalahan yang terkait dengan hukum, tidak ada aturan khusus untuk membuat podium masjid. Namun setelah lama aktivitas khutbah atau ceramah dilakukan dihadapan jamaah masjid, Umat Muslim memiliki konsep tersendiri untuk membuat fasilitas yang satu ini, yaitu :

Podium Megah di Hagia Sophia, sumber : Nusantara Palestina Center
Podium Megah di Hagia Sophia, sumber : Nusantara Palestina Center
  1. Tingginya maksimal hanya tiga anak tangga
  2. Tidak boleh terlalu tinggi hingga mengganggu atau memutus shafshalat di barisan pertama
  3. Pemberian pintu untuk mimbar sebaiknya tidak perlu karena hanya terbilang berlebihan
  4. Tidak perlu juga diberikan kain pembatas, sehingga menghalangi jamaah melihat khatib

Ketentuan di atas bukanlah terkait hukum. Hanya ketentuan berdasarkan kebutuhan keberadaan podium masjid yang selama ini telah diketahui.

Kelebihan Mimbar Masjid Minimalis

Berdasarkan sejarahnya diatas, tidak ada permasalahan bagaimana seharusnya mimbar ini dibuat. Termasuk perihal minimalis atau tidaknya. Karena itu, berikut ini adalah beberapa kelebihan desain podium minimalis jika Anda tertarik dengan produk ini.

1. Simpel

Sebagaimana namanya yang menggambarkan sifat minimal, desain podium minimalis lebih simpel. Namun bukan berarti menjadikan fungsinya terbatas. Podium minimalis malah sebagaimana podium biasanya dengan fungsi untuk menjadi titik pandang dan memberikan efek akustik (bunyi) dengan jangkauan yang luas.

2. Fleksibel

Desain yang simpel pada podium minimalis dapat memberikan kemudahan salah satunya adalah fleksibilitas. Podium ini dapat digunakan untuk berbagai kesempatan bahkan dapat didekorasi sesuai tema ceremonial yang akan diadakan. Selain itu, yang menunjukkan fleksibilitasnya juga dari sisi kemudahan untuk dipindahkan ke mana-mana. Meskipun begitu, kesan resmi tetap dapat ditonjolkan dari sarana ini.

3. Terjangkau

Mimbar Masjid pada awalnya didesain besar dan cenderung statis sehingga sudah menjadi bagian bangunan yang permanen. Rancangan mimbar seperti ini sudah menjadi salah satu interior Masjid yang dibuat dengan harga tertentu. Namun, podium minimalis yang simpel dan fleksibel dapat menjadikan harga sarana ini lebih terjangkau.

Tips Memilih Mimbar Minimalis

Podium Minimalis, sumber Podium Minimalis

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh seputar mimbar masjid minimalis ini, Anda perlu memeriksa beberapa hal yang terkait. Dengan begitu Anda akan memperoleh informasi seputar produk yang bisa menjadi pilihan Anda. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli mimbar masjid?

1. Ukuran

Meskipun sudah dikatakan minimalis, namun tetap saja ukuran bisa menyesuaikan. Anda perlu memahami terlebih dahulu kebutuhan akan mimbar di tempat untuk menempatkannya. Sesudah itu, sesuaikan ukurannya sehingga cocok sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Model

Minimalis adalah konsep yang bisa dipadukan dengan berbagai tema seperti tema Islami, tema formal dan tema lainnya. Untuk kebutuhan mimbar masjid, tentu saja biasanya dibutuhkan tema islami berupa ukiran, tulisan nama masjid dan lainnya. Nah, Anda bisa melihat model mimbar yang tersedia atau Anda bisa memesannya sesuai dengan model yang Anda inginkan (customisasi).

3. Kualitas

Berbicara kualitas, maka kita mulai masuk ke bagian bahan pembuatannya. Ada mimbar masjid minimalis yang dibuat dari bahan kayu jati yang dikenal kuat, ada juga dari bahan kayu yang ternyata memiliki wangi harum dan ada juga mimbar yang dibuat dari bahan kuat seperti logam tertentu. Nah, periksalah masing-masing kualitasnya berdasarkan kebutuhan Anda.

4. Harga

Tips yang terakhir adalah seputar harganya. Sudah lumrah bahwa setiap produsen menentukan harga berdasarkan modal yang mereka keluarkan. Sehingga tentu saja, jika Anda menginginkan bahan yang terbuat dari logam, maka harganya bisa jadi lebih mahal namun masih tetap terjangkau. Anda juga bisa mempertimbangkan harga ini dari berapa lama mimbar minimalis ini dapat bertahan selama pemakaian.

Itu dia tips untuk memilih mimbar masjid minimalis yang bisa menjadi pedoman Anda. Simak terus informasi seputar podium, pidato dan informasi sejenis yang menarik di halaman podium minimalis. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply