7 Tips Lancar Berbicara yang Mudah Untuk Anda

Mungkin saat ini Anda tidak terpikir mengapa harus mengetahui tips lancar berbicara. Karena berbicara adalah aktivitas yang sering dilakukan dimana-mana. Bahkan tidak ada satu haripun tanpa pembicaraan yang Anda lakukan sendiri di tengah lingkungan sosial Anda.

Namun pernahkah Anda menemui keadaan dimana Anda mau tidak mau harus berbicara di hadapan khalayak ramai? Hal ini wajar pada sebagian orang. Apalagi seiring dengan bertambah dewasanya kita, pasti ada momen yang menuntut untuk itu. Nah, berbicara di depan umum pasti berbeda dengan pembicaraan Anda sehari-hari.

Tips Lancar Berbicara

Anda pasti mengenal tokoh-tokoh besar termasuk tokoh panutan yang mungkin Anda jadikan inspirasi hidup Anda. Bagaimana cara mereka berbicara, apakah Anda termasuk sebagai seseorang yang mencontoh cara mereka menyampaikan kalimat-kalimat? Nah, tips lancar berbicara bisa menjadi cara mudah agar Anda bisa mencontoh mereka.

Berbicara dengan gaya komunikasi santai sehari-hari adalah hal mudah untuk dilakukan. Namun banyak juga orang-orang yang karena kelancarannya berbicara, menjadikan gaya komunikasi santai sebagai bahasa yang ditampilkan untuk menyampaikan hal penting pada khalayak ramai. Hal ini karena kemampuan mereka berbicara.

Mempersiapkan Penampilan, sumber Public Speaker
Mempersiapkan Penampilan, sumber Public Speaker

Nah, untuk Anda yang ingin memilik kelancaran berbicara dimana saja serta dalam berbagai kesempatan, simaklah tips lancar berbicara berikut ini.

1. Belajar dari Ahlinya

Hal pertama yang harus Anda mulai ketika ingin latihan berbicara di depan umum adalah watch atau tonton. Tontonlah video-video talkshow seperti TED talks, atau pidato-pidato. Kemudian learn atau pelajari bagaimana orang-orang tersebut melakukan praktek ‘berbicara di depan umum’.

Dengan menonton, Anda akan lebih mudah meniru dan mempraktekan para ‘speaker’ itu ketika tengah berbicara dan Anda jadi punya gambaran bagaimana harus bersikap ketika harus berbicara di depan umum

2. Berlatih

Sesudah belajar, pasti harus berlatih agar Anda bisa mengenali seberapa cepat Anda dalam proses belajar Anda. Sudah pasti latihan sangat penting dilakukan sebelum Anda berbicara di depan umum. Namun apakah latihan di depan cermin saja cukup? Tentu saja tidak. Latihan di depan cermin memang baik, tetapi ingat, cermin hanyalah cermin. Cermin tidak akan merespon apapun yang Anda katakan.

Karena itu, cobalah untuk latihan di depan orang lain. Yang paling mudah adalah minta teman Anda untuk menjadi audience dan cobalah berbicara di depan mereka. Sekaligus mintalah koreksi dari teman Anda mengenai penampilan Anda seperti apa ada yang harus ditambahkan atau tidak.

3. Evaluasi

Lakukanlah evaluasi, apakah dengan sekali memperhatikan pembicara yang ahli serta sekali berlatih Anda langsung mampu tampil? Karena itu, tidak ada salahnya untuk evaluasi proses pembelajaran dan cara berlatih Anda. Salah satu cara agar mudah mengevaluasi mungkin dengan merekam hasil pertunjukan Anda sendiri.

Setelah Anda merekam pertunjukan bicara Anda, dengarkanlah dengan seksama. Bandingkan dengan contoh cara bicara yang baik dari pembelajaran Anda. Perbaiki jika ada yang perlu diperbaiki. Bahkan, bisa jadi Anda terinspirasi untuk memiliki gaya bicara Anda sendiri.

Martih Luther King Jr, sumber : Common Dream
Martih Luther King Jr, sumber : Common Dreams

4. Tambah Pengalaman

Setelah belajar, latihan dan evaluasi, Anda harus mempraktikkanya. Dalam hal ini, praktik pertama Anda tidak harus selalu menghasilkan penilaiannya yang sempurna. Justru jika ternyata penampilan bicara Anda yang pertama ini menghasilkan performa yang unik seperti karena terdapat kesalahan yang lucu, Anda dapat mengenangnya sebagai pengalaman yang berharga.

Nah, bukan hanya sekali, namun pengalaman Anda perlu ditambah berkali-kali. Pernah ada kajian ilmiah dalam metode pembelajaran yang menunjukkan perlunya menambah pengalaman paling tidak hingga beratus jam terbang baru bisa menjadi seseorang yang ahli. Termasuk dalam tips lancar berbicara ini, jangan ragu jika diberi kesempatan, paling tidak bisa menambah jam terbang sebelum Anda ahli.

5. Manfaatkan Properti

Properti bisa menjadi salah satu alat agar Anda tidak terlalu fokus diperhatikan oleh penonton. Mengapa harus mengalihkan fokus penonton? Sebenarnya tidak harus. Namun Anda bisa menjadikan fokus penonton pada properti yang Anda bawa untuk tetap konsentrasi terhadap materi pembicaraan dan agar pembicaraan berlangsung dengan tempo yang baik (tidak terputus akibat lupa atau kendala sejenis lainnya).

Ilustrasi Berbicara, sumber Psychology
Ilustrasi Berbicara, sumber Psychology

6. Berekspresilah!

Kita mungkin bukan orang yang senang berekspresi tapi bukan berarti tidak bisa dilatih. Ekspresi bisa dibuat asal kita melatihnya. Kebayang kan kalau penonton tertidur mendengar ocehan kita, apa yang akan kita rasakan? Karena itu, agar pembawaan kita lebih menarik, latihlah diri Anda agar lebih ekspresif.

Anda bisa melakukan senam wajah dengan mempraktekkan AIUEO selebar-lebarnya di wajah Anda. Latihlah wajah Anda agar tersenyum, mengernyit, atau berbagai ekspresi lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih luwes dalam berekspresi dan tidak ragu untuk mengeluarkan ekspresi di wajah.

7. Buat Catatan

Apakah Anda termasuk seseorang yang memiliki kendala dalam mengingat sesuatu yang banyak seperti materi pembicaraan? Maka buatlah catatan berupa poin yang perlu Anda sampaikan. Ketika melihat orang lain berbicara di depan umum dan mencontek catatan, apakah itu tanda bahwa mereka tidak professional?

Salah. Tidak semua yang mencontek catatan berarti tidak mempersiapkan penampilan dengan baik. Justru, catatan ini adalah sebagai alat pengingat, berisi hal-hal apa saja yang harus Anda sampaikan agar pembicaraan Anda jadi tidak melebar kemana-mana. Maka dari itu, mempersiapkan catatan ini sangat penting. Tulislah poin-poin penting di dalam catatan tersebut. Catat yang perlu saja sesuai dengan tujuan Anda berbicara di depan umum.

Nah, itu dia berbagai tips lancar berbicara yang bisa Anda coba praktikkan sendiri. Semua tips di atas mudah bukan? Jika Anda merasa tips ini bermanfaat, berikan komentar Anda dan simak juga tips lancar berpidato.

This Post Has One Comment

Leave a Reply