Pidato Tokoh Dunia yang Fenomenal dalam Sejarah

Berbicara tentang podium dan forum seperti seminar kit, ternyata banyak sekali yang fenomenal dan dikenang dalam sejarah manusia. Melalui podium para tokoh yang dikenal dunia mempengaruhi peradaban atau situasi perpolitikan dunia hanya dengan kata-kata yang menggugah melalui pidato. Nah, pidato tokoh dunia mana saja yang pernah dikenang dalam sejarah dunia?

Podium atau mimbar bukan sekedar produk pelengkap tampilan dalam sebuah forum saja. Setiap forum penting dan berpengaruh di dunia biasanya memang memiliki mimbar sebagai tempat menyampaikan gagasan dari berbagai tokoh yang ada. Pidato tokoh ini dikenang dalam sejarah dan mengubah cara berpikir serta membakar semangat banyak orang.

Pidato Tokoh yang Fenomenal

Ada banyak tokoh dunia dalam sejarah yang membuat perubahan dengan pidatonya. Kali ini, kita akan simak beberapa informasi seputar tokoh dunia yang fenomenal dengan pidatonya. Siapa saja tokoh tersebut? Berikut informasinya.

1. Winston Churcill

Winston Churcill, sumber : The International Churchill Society
Winston Churcill, sumber : The International Churchill Society

Winston Churcill adalah seorang perdana menteri Inggris yang menjabat mulai sekitar tahun 1940. Pada saat itu Inggris adalah negara yang terancam oleh kekuatan NAZI di Eropa yang membuat mereka harus berhadapan di Prancis. Situasinya berada pada Perang Dunia ke-2.

“We Shall Fight On The Beaches” (Kami Akan Bertarung di Pantai) adalah sedikit petikan pidato yang membakar semangat tentara Inggris yang bersiap untuk berperang di Prancis melawan NAZI. Petikan ini merupakan sedikit dari pidato yang disampaikan oleh Winston Churcill pada saat baru saja dilantik sebagai Perdana Menteri Inggris.

2. Martin Luther King Jr.

Martih Luther King Jr, sumber : Common Dream
Martih Luther King Jr, sumber : Common Dreams

Pidato fenomenal selanjutnya yang dikenal dalam sejarah dunia adalah Pidato Martin Luther King Jr. Beliau adalah seorang tokoh yang memperjuangkan kesetaraan antara orang-orang keturunan Afrika – Amerika dengan penduduk kulit putih di Amerika. Pidatonya disampaikan setelah melakukan long march pada 28 Agustus 1963.

Pidato yang dikenal dengan petikan “I Have A Dream” ini berisi semangat perjuangannya untuk kesetaraan yang menginspirasi bukan hanya keturunan Afrika – Amerika namun juga siapa saja yang mendengarnya. Pada saat itu long march diikuti sekitar 200.000 orang sehingga dapat dibayangkan juga jumlah orang yang mendengar pidato tersebut secara langsung.

3. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln, sumber : Britannica
Abraham Lincoln, sumber : Britannica

Pidato yang juga fenomenal dalam sejarah disampaikan oleh Abraham Lincoln. Ini adalah pidato di tahun 1863. Pidato ini sangat dikenang oleh penduduk Amerika Serikat. Mereka menamai pidato ini sebagai Gettysburg address karena pidato ini disampaikan sebagai dedikasi untuk para prajurit di makam pahlawan di Gettysburg, Pennsylvania.

Pada 19 November 1863 ia berpidato di hadapan para tentara dan sipil di Gettysburg. Pidato itu disebut tersingkat karena tak lebih dari 263 kata. Pidato Gettysburg adalah pidato paling banyak dikutip dalam sejarah AS dan merupakan paling terkenal dari Lincoln. Pidato disampaikan pada penahbisan Pemakaman Nasional Tentara di Gettysburg, Pennsylvania.

4. Nelson Mandela

Nelson Mandela, sumber : News Room Guyana
Nelson Mandela, sumber : News Room Guyana

Pidato selanjutnya yang bersejarah adalah yang disampaikan oleh Nelson Mandela. Beliau ada pejuang yang melawan politik Apartheid di Afrika. Pidato yang disebut sebagai ‘I Am The First Accused’ ini disampaikan saat dirinya diadili di Pengadilan Tinggi Afrika Selatan pada 20 April 1964. Ia bersikukuh bahwa kesetaraan antara ras kulit putih dan kulit hitam harus terjadi.

Seumur hidup ia memperjuangankan kesetaraan dan berharap masyarakat dapat hidup bersama dengan harmonis dan memiliki hak-hak yang sama. Sedangkan Apartheid di Afrika adalah sistem yang memisahkan antara ras kulit putih dan kulit hitam. Ia ingin hidup di masyarakat yang ideal seperti itu. Jika itu bukan kondisi ideal yang ada, maka ia rela mati untuk memperjuangkannya.

5. John F. Kennedy

John F Kennedy, sumber : Britannica
John F Kennedy, sumber : Britannica

John F. Kennedy adalah Presiden Amerika Serikat yang menjabat mulai dari tahun 1961. Pada waktu itu, negara-negara di dunia menghadapi situasi “Star Wars” atau perang bintang. Perang di mana negara-negara di dunia berlomba menguasai teknologi untuk bisa mencapai bulan dan menciptakan sejarah.

Pada hari yang hangat dan cerah tanggal 12 September 1962, Presiden Kennedy menyampaikan pidatonya di hadapan massa sekitar 40.000 orang, di Stadion Rice, Universitas Rice pukul 10 pagi. Mahasiswa baru Rice berada di kampus untuk orientasi, tetapi kebanyakan dari sekitar 40.000 hadirin tersebut diperkirakan merupakan para pelajar Houston. Pidato ini menjadi terkenal dengan nama “We choose to go to the Moon” karena salah satu bagian dari isi pidatonya yang berbunyi sebagai berikut:

“Kita memilih pergi ke bulan. Kita memilih pergi ke bulan dalam dasawarsa ini dan melakukan hal-hal lain, bukan karena misinya mudah, tetapi justru karena sulit, karena tujuan itu akan berfungsi untuk mengatur dan mengukur sampai di mana energi dan kemampuan terbaik kita, karena tantangan tersebut merupakan sesuatu yang ingin kita jalani, yang tidak ingin kita tunda, dan yang ingin kita menangkan, dan yang lainnya juga.”

Itu dia beberapa tokoh dunia yang dikenal dengan pidato fenomenalnya yang berhasil menggugah semangat masyarakat bahkan mampu merubah dunia. Tentu saja masih banyak lagi tokoh-tokoh yang juga dikenal dengan cara yang sama, yaitu melalui pidatonya untuk membuat perubahan yang baik di dunia.

Begitu fenomenalnya pidato para tokoh tersebut, tentu saja terdapat podium yang menjadi properti utamanya. Untuk Anda atau komunitas yang membutuhkan podium minimalis dengan rancangan yang modern serta podium dengan kustom sesuai pesanan, Anda bisa memesannya di podium minimalis. Semoga informasi ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply