Yuk Ketahui : Persiapan Sebelum Pidato

Pidato merupakan kegiatan berbicara atau menyampaikan sesuatu hal di depan umum atau berorasi untuk menyampaikan pendapatnya, maupun memberikan gambaran pada suatu hal tertentu. Ada berbagai persiapan sebelum pidato di depan umum agar pesan dan makna atau tujuan pidato tersampaikan dengan benar.

Umumnya pidato disampaikan oleh satu orang di podium atau mimbar yang telah disiapkan. Berpidato dengan kata-kata yang baik dapat memberikan kesan positif terhadap orang yang hadir dan mendengarkan pidato tersebut. Ada beberapa contoh pidato seperti pidato sambutan disebuah acara, pidato kenegaraan, pidato untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air, pidato keagamaan, dan masih banyak lagi.

Pidato juga memiliki tujuan, fungsi, hingga macam-macam metode pidato yang biasanya digunakan. Tujuan pidato antara lain untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain, memberikan arahan kepada pendengar yang benar agar secara sukarela mengikutinya, menghibur orang dengan kata-kata bijak yang telah disampaikan.

Ilustrasi berpidato, Sumber : kelaspintar.id
Ilustrasi berpidato, Sumber : kelaspintar.id

Fungsi dari pidato sendiri ialah untuk memberikan atau membagikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, maupun pengetahuan. Agar pidato yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audien, pelafalan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan tata bahasa yang berlaku. Kemudian ada beberapa macam metode pidato yaitu membaca naskah, menghafal atau memoriter, spontan atau impromtu, dan menjabarkan kerangka atau ekstemporan.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berpidato

Untuk persiapan sebelum pidato ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar pesan dan tujuan anda saat berpidato tersampaikan baik dan dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

1. Menentukan Tujuan

Hal pertama dan menjadi point yang penting adalah menentukan tujuan pidato. Tujuan pidato haruslah jelas apa maksud dan makna yang ingin disampaikan. Seperti anda harus berpidato dengan maksud, menyampaikan informasi penting, atau mengajak audien untuk melakukan suatu hal, atau hanya untuk menghibur audien.

Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui arah yang akan anda tuju. Karena pada akhirnya anda mengharapkan bagaimana respon dan tanggapan audien terhadap pidato yang telah anda bawakan.

2. Memilih Inti Persoalan

Hal selanjutnya adalah anda harus memilih inti dari persoalan yang akan anda sampaikan pada audien. Anda bebas memilih persoalan apa saja namun masih sesuai dengan tema acara. Atau jika ada panita penyelenggara biasanya sudah disiapkan materi yang akan anda bawakan. Anda tinggal merevisi sedikit bagian yang akan anda sampaikan.

Jika sudah ada inti persoalan yang akan dibawakan anda bisa mengembangkannya sesuai dengan waktu yang telah disediakan dari pihak penyelenggara. Jika materi yang anda bawakan terlalu kompleks, anda bisa merangkumnya dan mengambil point-point pentingnya saja. Sebisa mungkin gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami dan sesuai dengan tata bahasa yang berlaku.

3. Menganalisis Suasana Audien

Seorang pembicara haruslah paham dan mengetahui bagaimana suasana pada saat melakukan pidato. Misalnya apakah pidato dilakukan di luar ruangan atau di dalam ruangan. Kemudian siapa saja yang akan menjadi pendengar pada saat itu, apakah remaja atau orang yang sudah dewasa. Lalu berapa jumlah audien yang hadir saat itu. Itu perlu dilakukan agar anda menggunakan strategi yang tepat supaya pesan anda tersampaikan dengan baik.

Anda juga dapat menggunakannya untuk memilih kata-kata atau ucapan yang sesuai, misalnya untuk pelajar maka gunakanlah bahasa-bahasa gaul yang dimengerti anak remaja. Buatlah suasana yang menyenangkan agar audien tidak bosan dengan pidato yang anda bawakan.

Contoh ruangan yang digunakan untuk menggelar acara, Sumber : mhotelkupang.com
Contoh ruangan yang digunakan untuk menggelar acara, Sumber : mhotelkupang.com

4. Mengumpulkan Bahan Materi

Persiapan sebelum pidato berikutnya adalah anda dapat mengumpulkan bahan materi-materi sesuai dengan inti permasalahan yang telah anda pilih atau yang telah ditentukan pihak penyelenggara. Anda dapat mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari buku, internet, atau dari pengalaman-pengalaman anda sebelumnya. Tujuannya ketika ada yang bertanya mengenai materi yang anda sampaikan, anda dapat menjawabnya dengan relevan.

5. Buatlah Kerangka

Nah setelah anda selesai mengumpulkan bahan-bahan untuk materi anda, barulah anda menyusun kerangkanya sesuai dengan urutannya. Tujuannya agar anda tau mana point mana yang harus dipertegas atau dibuat pembahasan yang mendalam. Hal ini juga dapat mempermudah anda dalam menyampaikan pidato.

6. Memilih Metode Pidato

Setelah anda selesai membuat kerangka, maka tahap selanjutnya adalah anda akan memilih metode apa yang akan anda gunakan untuk menyampaikan pidato tersebut. Apakah anda menggunakan metode membaca naskah, atau metode menghafal (memoriter), atau dengan metode spontan (impromtu), bahkan bisa juga anda menggunakan metode menjabarkan kerangka (ekstemporan).

Pilihlah metode pidato di atas sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan anda. Tidak perlu memaksakan harus menggunakan metode ini atau itu. Agar saat anda menyampaikan pidato dapat berjalan dengan lancar.

Ilustrasi mic pada podium, Sumber : yea-indonesia.com
Ilustrasi mic pada podium, Sumber : yea-indonesia.com

7. Berlatih

Untuk anda yang baru pertama kali menyampaikan pidato, berlatih adalah hal yang penting dilakukan setelah anda telah menyelesaikan rangkaian persiapan yang lainnya. Walaupun anda yang sudah beberapa kali berpidato atau bahkan sering menyampaikan pidato melakukan latihan juga tetap diperlukan, untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin dapat terjadi.

Berlatihlah seolah-olah anda sudah berada di depan audien, lakukan latihan secara optimal. Jadi anda sudah siap pada saat hari berpidato anda tiba. Hal tersebut juga mengurangi rasa grogi yang dirasakan sebelum berpidato, dengan latihan dan telah melakukan berbagai persiapan, anda akan jauh lebih tenang dan rileks.

Sebisa mungkin lakukan hal-hal tersebut jauh hari sebelum acara diadakan agar anda bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk mempersiapkan pidato anda tersebut. Pada saat berpidato sebisa mungkin kenakanlah pakaian yang rapi dan sopan, agar audien lebih menghargai anda.

Leave a Reply