Menyesuaikan Penggunaan Podium Pidato

Podium menjadi benda yang sangat penting bagi sebagian orang, terutama bagi yang sering tampil di depan publik untuk berpidato. Podium pidato yang digunakan ternyata mampu mempengaruhi performa dalam berpidato. Penggunaan podium pidato yang tepat mampu memunculkan rasa percaya diri bagi siapa saja yang berdiri di sampingnya untuk berpidato.

Bahkan adakalanya untuk mempertegas kata-kata yang diucapkan oleh pemateri, ada aksi menggebrak podium menggunakan tangan. Namun ada kalanya jika menggunakan podium yang kurang tepat menjadikan pembicara terganggu dalam performanya bahkan minder. Podium yang terlalu tinggi tentu akan menutup pemateri dari mata para audiens.

Podium dengan logo. Sumber hariannusa

Ada berbagai macam podium yang bisa dipilih untuk agenda anda di panggung, baik itu ceramah agama, pidato politik atau pemaparan materi lainnya. gunakan podium pidato yang sesuai dengan acara yang sedang dilselenggarakan.

Gaya Tradisional dan Gaya Modern

Anda bisa menentukan sendiri gaya podium yang anda sukai. Namun tentu harus menyesuaikan dengan acara yang sedang digelar. Podium minimalis gaya modern cocok untuk acara yang bersifat memunculkan kesan canggih, seperti acara seminar teknologi atau seminar mengena informasi.

Sedangkan podium dengan gaya tradisional yang biasanya menggunakan bahan kayu bisa digunakan untuk sesi pidato keagamaan di masjid atau gereja. Podium jenis ini juga terkadang digunakan untuk institusi pendidikan. Namun sebenarnya penggunaan podiun juga disesuaikan dengan tema ruangan. Ruangan dengan gaya klasik biasanya menggunakan podium gaya tradisional.

Dalam institusi resmi terkadang penggunaan podium kayu dengan gaya tradisional juga masih sering digunakan. Anda bisa melihat ketika presiden melakukan pidato resmi, beliau menggunakan podium yang terbuat dari kayu dengan gaya cenderung tradisional.

Penggunaan Logo

Perusahaan yang menggunakan podium untuk pertemuan biasanya menambahkan simbol di depan podium panggung mereka untuk memperkuat merek mereka dan memberi tahu audiens dengan siapa yang berbicara. Menambahkan logo khusus menunjukkan bahwa perusahaan anda terlihat lebih profesional karena memperhatikan hal kecil termasuk logo.

Menggunakan logo perusahaan sebagai isyarat visual akan membantu memperkuat nama perusahaan dan meninggalkan dampak yang berupa ingatan pada audiens. Sedangkan untuk institusi resmi penggunaan logo sepertinya suatu keharusan, karena itu podium yang digunakan selalu menggunakan logo.

Aula acara yang bersifat publik dan pusat konvensi yang menjadi tuan rumah berbagai presentasi biasanya tidak menambahkan logo pada podiumnya. Tidak adanya logo memberikan lebih banyak fleksibilitas saat menyelenggarakan berbagai jenis acara.

Podium Luar Ruangan

Berbagai acara terkadang dilakukan di luar ruangan. Seperti upacara bendera adalah acara paling umum yang diadakan di luar ruangan. Selain itu pidato pemilu yang menghadirkan banyak peserta juga sering dilakukan di ruang terbuka. Biasanya memang acara yang tidak memungkinkan untuk di laksanakan di dalam ruangan akan dilaksanakan di luar ruangan.

Meskipun beberapa acara luar ruangan terganggu dengan cuaca yang hujan, namun terkadang juga ditemukan cuaca yang cerah. Dalam situasi ini, sangat ideal untuk menggunakan podium yang dirancang khusus untuk penggunaan di luar ruangan . Produsen podium ada yang membuat podium dari plastik daur ulang yang kuat dan tahan segala cuaca.

Podium Portabel

Biasanya podium yang ada berupa podim yang bentuknya paten dan tidak bisa dubah-ubah. Sehingga untuk membawanya terkadang diperlukan dua orang untuk mengangkatnya. Ada beberapa produk podium yang dapat dilipat atau dilepas untuk memudahkan dalam membawanya.

Podium portabel bagus untuk pameran dagang dan penggunaan yang bersifat sementara. Jika presentasi anda hanya dilakuan dengan waktu yang singkat, pertimbangkan untuk menggunakan podium portabel.

Tinggi Disesuaikan

Tinggi tubuh seseorang sangat bervariasi. Namun biasanya podium di produksi dengan ketinggian yag standar. Hal in tentu akan menjadi masalah jika pemateri memiliki ukuran tubuh yang terlalu pendek. Menggunakan podium dengan ketinggian yang tepat memastikan pembicara tetap terlihat, tetapi menemukan yang sesuai dengan ketinggian seseorang terkadang susah.

Podium yang dapat disesuaikan ketinggiannya memungkinkan pada bagian mejanya bisa dinaikkan atau diturunkan sesuai dengan kebutuhan. Jika anda sering menyelenggarakan seminar dengan pembicara yang berbeda-beda termasuk dalam hal ukuran tubuh, maka sebaiknya membeli podium pidato yang ketinggiannya bisa dsesuaikan.

Teknologi terintegrasi

Podium menjadikan percaya dir ketika tampil. Sumber Unsplash

Ada beberapa produk podium yang menyediakan teknologi yang terintegrasi seperti adanya mikrofon dan juga colokan kabel baik itu kabel audio atau kabel untuk proyektor. Podium seperti ini biasanya cocok untuk guru dan profesor. Perguruan tinggi dan sekolah yang menggunakan podium ini untuk memberikan materi kepada murid tentu akan memudahkan dalam penggunaan device seperti laptop atau tablet.

Itulah ulasan mengenai tips menyesuaikan penggunaan podium pidato untuk anda yang sering menyelenggarakan acara yang membutuhkan podium pidato. Semoga artikel ini bisa memberikan anda informasi yang bermanfaat untuk anda. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang tips cepat menghafal naskah pidato. Terima kasih.

Leave a Reply