Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu, Apa Saja?

Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu – Menuntut ilmu itu tidak terhalang dari segi usia maupun yang lainnya. Selama hidup di dunia maka wajib hukumnya untuk menuntut ilmu. Bahkan tidak jarang orang mendengar kalimat “Tuntutlah ilmu walau ke negeri China”. Ilmu merupakan cahaya yang menerangi jalannya kehidupan manusia, dari lahir hingga nantinya di liang lahat.

Di dalam Islam sendiri menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi seorang muslim. Bahkan dalam menuntut ilmu tidak ada batasan tempat, bisa dilakukan dimana saja. Bisa di masjid, sekolah, tempat kerja, rumah, dan yang lainnya. Ada salah satu hadits yang membahas mengenai ilmu ini, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Barangsiapa yang menginginkan urusan dunia, maka wajiblah baginya berilmu. Dan barangsiapa yang ingin urusan akhirat (selamat di akhirat) maka wajiblah ia memiliki ilmu juga. Dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah ia memiliki ilmu tentangnya juga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Keutamaan menghadiri majelis ilmu, Sumber: islamkafah.com
Keutamaan menghadiri majelis ilmu, Sumber: islamkafah.com

Ada banyak keutamaan menghadiri majelis taklim atau majelis ilmu yang akan rugi jika Anda lewatkan. Amalan yang mulia ini akan menjadi berkah dan manfaat untuk Anda sendiri maupun orang lain jika dijaga dengan tepat. Dengan adanya ilmu juga mengajarkan kita sebagai kaum muslim menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, serta lebih meningkatkan ketaqwaan pada Allah SWT.

Seiring perkembangan teknologi, sekarang Anda bisa menuntut ilmu melalui online. Ada banyak majelis ilmu yang memanfaatkan teknologi seperti Zoom Meeting atau aplikasi yang lainnya untuk menuntut ilmu. Jadi saat ini tidak ada alasan yang menghambat untuk seseorang menuntut ilmu dan mencari keberkahan Allah SWT.

Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu

Terdapat 5 keutamaan yang akan Anda dapatkan apabila mengikuti majelis ilmu. Anda tidak akan rugi jika suka menghadiri majelis ilmu. Apa saja keutamaan tersebut? Berikut keutamaan yang bisa Anda dapatkan.

Akan Dimuliakan Oleh Para Malaikat

Berbahagialah Anda yang suka menghadiri majelis ilmu, sebab Anda akan mendapatkan keutamaan yakni dimuliakan oleh para malaikat. Selain dimuliakan para malaikat, Anda juga akan mendapat ketenangan dan rahmat. Apabila Anda menghadiri majelis ilmu di masjid dan membaca serta mempelajari Al-Qur’an, maka Anda akan mendapatkan keutamaan tersebut. Rasulullah SAW, bersabda:

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka akan dinaungi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi para makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim).

Ilustrasi menuntut ilmu, Sumber: blog.elevenia.co.id
Ilustrasi menuntut ilmu, Sumber: blog.elevenia.co.id

Dipermudah Menuju Surga

Siapa sih yang tidak ingin masuk surga? Setiap kaum muslim tentu saja ingin masuk surga dan dipermudah jalannya untuk menuju ke sana. Salah satu cara agar mempermudah jalan menuju surga ialah dengan mengikuti majelis ilmu.

Jika Anda menuntut ilmu syar’i, maka akan dipermudah bagi Anda untuk menuju surga Allah. Hal tersebut juga ada di salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang menempuh jalan menuntu ilmu, maka Allah akan memudahkan jalanya menuju surga.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud).

Dicatat sebagai Orang yang Sholat

Ketika Anda pergi sholat di masjid dan setelahnya lanjut mengikuti majelis ilmu yang ada di masjid, maka Anda akan dicatat sebagai orang yang sholat hingga kembali ke rumah. Keutamaan tersebut akan sayang sekali jika tidak Anda manfaatkan. Mengenai keutamaan menghadiri majelis ilmu ini juga telah ada di salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika seseorang berwudhu di rumah, kemudian mendatangi ke masjid, maka ia terus dicatat sebagai orang yang shalat hingga ia kembali. Maka janganlah ia melakukan seperti ini (kemudian beliau mencontohkan tasybik dengan jari-jarinya).” (HR. Al-Hakim, Ibnu Kuzaimah).

Baca juga: 7 Keistimewaan Berdzikir dan Memuji Allah

Dianggap Melakukan Jihad Fi Sabilillah

Menuntut ilmu syar’i juga dianggap melakukan jihad fi sabilillah. Sehingga Anda telah melakukan jihad ini hanya dengan menuntut ilmu di majelis ilmu. Hal tersebut juga telah tertuang di dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa yang memasuki masjid kami ini (masjid Nabawi) untuk mempelajari kebaikan atau untuk mengajarinya, maka ia seperti mujahid fi sabilillah. Dan barangsiapa yang memasukinya bukan dengan tujuan tersebut, maka ia seperti orang yang sedang melihat sesuatu yang bukan miliknya.” (HR. Ibnu Hibban).

Amalannya akan Dicatat di ‘illiyyin

Apabila Anda pergi ke masjid dengan niatan untuk melaksanakan sholat, kemudian setelah sholat mengikuti pengajian di masjid hingga waktu sholat selanjutnya maka Anda akan mendapatkan keutamaan. Contohnya pengajian diadakan setelah sholat maghrib hingga sholat isya’, maka amalan baik Anda akan terus dicatat di ‘illiyyin.

Hal tersebut juga tertuang dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Seorang yang setelah selesai shalat (di masjid) kemudian menetap di sana hingga shalat berikutnya, tanpa melakukan laghwun (kesia-siaan) di antara keduanya, akan dicatat amalan tersebut di ‘illiyyin.” (HR. Abu Daud).

Mengenai catatan amal di ‘illiyyin telah dijelaskan oleh Syaikh Sulaiman bin Amir Ar Ruhaili hafizhahullah: “Catatan amal di ‘illiyyin adalah catatan amal yang tidak akan rusak dan tidak akan dibuka hingga hari kiamat, tersimpan awet, tidak akan terkurangi sedikit pun.”

Ilustrasi membaca Al-Qur'an, Sumber: republika.co.id
Ilustrasi membaca Al-Qur’an, Sumber: republika.co.id

Apabila Anda membutuhkan podium minimalis, kami memiliki informasi penting untuk Anda. Jaya Podium merupakan produsen yang memproduksi langsung berbagai podium sesuai dengan pesanan Anda. Silahkan hubungi kami untuk mengetahui harga podium minimalis hingga informasi mengenai pemesanan, kontak kami telah tersedia laman website Jaya Podium ini.

Terima kasih telah berkenan membaca informasi mengenai keutamaan menghadiri majelis ilmu di atas. Semoga dengan adanya artikel tersebut dapat memberikan semangat dan manfaat untuk Anda mengikuti majelis taklim. Selain informasi ini, Anda bisa mendapatkan informasi lain seputar berbagai amalan rasul sebelum tidur dan yang lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply