Yuk Mengenal Papan MDF Secara Keseluruhan

Mengenal Papan MDF – MDF yang memiliki kepanjangan Medium Density Fiberboard merupakan jenis triplek yang terbuat dari campuran hasil serat kayu lunak dengan serat kayu keras. Yang ditempelkan menggunakan lem maupun lilin, lalu selanjutnya akan dicetak menggunakan mesin yang bertekanan tinggi. Oleh sebab itu, jenis triplek ini memiliki susunan pori-pori dan permukaan yang jauh lebih baik dan lebih halus ketimbang triplek jenis lainnya.

Hampir di setiap rumah memiliki furniture yang terbuat dari kayu, alasannya karena cocok dengan segala gaya interior. Beberapa furniture tersebut di antaranya adalah lemari, meja, kursi, laci, rak, hingga masih banyak lagi perabot rumah tangga yang menggunakan kayu. Bahkan pembuatan podium minimalis juga ada yang terbuat dari kayu. Salah satu olahan kayu yang sering digunakan untuk pembuatan berbagai macam furniture tersebut adalah papan MDF.

Papan MDF ini juga sering kali digunakan sebagai pengganti plywood atau multipleks. Alasannya karena permukaan dari papan MDF ini halus, kemudian memiliki ikatan partikel-partikel kayu yang sangat kuat, serta beratnya cukup ringan. Sehingga anda dapat dengan mudah memindahkan perabot tersebut kapanpun anda inginkan di kemudian hari.

Untuk harga papan MDF yang ada di pasaranpun memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dengan ukurannya, seperti halnya dengan podium atau mimbar. Untuk kisaran harga podium pidato, harga podium minimalis, maupun mimbar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal dalam penentuannya. Contohnya saja dari segi ukuran podium minimalis yang anda butuhkan. Jika ukurannya semakin besar, maka biaya yang anda keluarkanpun juga akan mengikuti dengan seberapa banyak material yang digunakan untuk pembuatan podium tersebut.

Mengenal papan kayu MDF, Sumber : courtina.id
Mengenal papan kayu MDF, Sumber : courtina.id

Proses Pembuatan MDF

Sebelum menjadi salah satu papan kayu unggulan yang menjadi primadoan di masyarakat, tentu saja papan MDF memerlukan proses pembuatan terlebih dahulu. Untuk proses pembuatan dari papan MDF terbilang lumayan rumit dan memerlukan waktu yang panjang. Tahap pertama adalah membersihkan batang pohon dari kulitnya, semua batang pohon dalam berbagai ukuran. Kemudian batang pohon tersebut akan dipotong-potong sesuai dengan perkiraan ukuran, biasanya dipotong dengan diameter 20 cm dan panjang 100 cm.

Setelah proses potong memotong menjadi ukuran tertentu selesai, batang kayu wajib melewati proses selanjutnya yaitu proses screening. Pada proses tersebut magnet dengan kekuatan tinggi digunakan untuk mencari serpihan-serpihan besi, misalnya saja seperti paku, sekrup, patahan gergaji, dan sebagainya yang masih tersisa pada batang kayu. Sehingga, mesin yang digunakan untuk pembuatan papan MDF tidak akan mengalami kerusakan.

Selanjutnya batang kayu tadi, dimasukkan ke dalam mesin khusus yang digunakan untuk mengubahnya menjadi serpihan kecil. Lalu serpihan kecil kayu ini direbus samapi menjadi lunak dan lembut. Apabila teksturnya sudah tepat dan sesuai dengan standar, maka serpihan-serpihan kayu tersebut akan dicampurkan dengan lilin dan lem. Yang kemudian akan di masukkan ke dalam proses selanjutnya yaitu proses pressing.

Pada saat proses pressing terjadi, serpihan kayu tadi akan keluar dengan sendirinya menjadi sebuah papan dengan ukuran yang berstandar internasional, yaitu 1220 x 2440 mm. Permukaan papan MDF pada bagian atas dan bagian bawah memiliki tingkat kekilapan yang berbeda. Pada bagian yang lebih mengkilap akan diletakkan di bagian luar, tujuannya supaya hasil jadi dari furniture interior rumah anda menjadi lebih indah dan menawan.

Ilustrasi papan MDF, Sumber : harga.web.id
Ilustrasi papan MDF, Sumber : harga.web.id

Kelebihan Dari Papan MDF

Untuk mengenal papan MDF secara keseluruhan, sudah dipastikan anda harus mengetahui kelebihannya pula. Papan MDF memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan papan kayu jenis lainnya. Di antaranya adalah papan MDF memiliki permukaan yang lebih halus, sehingga dapat anda gunakan untuk mempercantik berbagai furniture di dalam rumah. Apabila ditambahkan dengan cat, maka hasil akhirnya akan lebih sempurna karena permukaan dari papan MDF ini tidak ada yang berlubang atau berpori-pori besar.

Bahan dari papan MDF juga terbilang memiliki bobot yang ringan, sehingga cocok dan tepat apabila dijadikan meja kantor maupun berbagai rak. Jika tiba-tiba anda ingin memindahkan posisi furniture tersebut, anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan banyak orang, sehingga tidak akan merepotkan orang lain. Walaupun memiliki bobot yang ringan, namun telah terbukti bahwa papan MDF ini tergolong papan kayu yang kuat sehingga cocok dijadikan lemari yang memiliki ukuran besar.

Gambar kayu MDF, Sumber : alibaba.com
Gambar kayu MDF, Sumber : alibaba.com

Kekurangan Dari Papan MDF

Jika ada kelebihannya maka tentu saja papan MDF ini juga memiliki kekurangannya. Papan MDF ini memiliki kekurangan yang tidak jauh berbeda dengan jenis papan kayu yang lainnya. Di antaranya yaitu papan MDF dapat dengan mudah menyerap air. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah, karena furniture dapat dengan mudah menjadi lembap serta mudah lapuk. Sehingga, anda wajib untuk menempatkan furniture yang terbuat dari papan MDF ini di tempat yang bebas dari jangkauan air.

Selain itu kekurangan dari papan MDF yang lain adalah tidak terlalu kuat untuk mengikat paku maupun sekrup pada bagian yang tebal. Lalu penggunaan lem putih juga tidak dapat digunakan untuk merekatkan bagian dari permukaan yang mengkilap tersebut. Untuk perakitannya, alangkah lebih baiknya anda tidak melakukannya sendiri. Percayakan pekerjaan tersebut kepada tenaga yang profesional di bidang ini, agar mendapatkan hasil yang baik dan optimal.

Papan MDF, Sumber : google.com
Papan MDF, Sumber : google.com

Hal Yang Perlu Diwaspadai Dari Papan MDF

Bukan hanya kelebihan serta kekurangannya saja yang perlu anda perhatikan, namun juga dampak berbahaya yang perlu anda waspadai dari papan MDF ini untuk pekerja ataupun penggunanya. Papan MDF memiliki debu tipis pada bagian permukaannya, yang dapat menyebabkan asma serta gangguan pernafasan lainnya. Sehingga untuk para pengrajin wajib untuk menggunakan masker pada saat mengerjakannya. Untuk pengguna furniture dari papan MDF, sebaiknya membiarkan furniture tersebut terbuka selama beberapa hari sebelum dipakai, agar debunya menghilang.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mengenal papan MDF secara keseluruhan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Selain itu anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar tips memilih mimbar masjid minimalis yang tepat maupun informasi lainnya pada laman website Jaya Podium.

Leave a Reply