Mulai Produktif Yuk! Bikin Kegiatan Seminar Online

Sejak pandemi corona masuk Indonesia, segala kegiatan menjadi terhambat. Mulai dari pekerjaan, pendidikan, hingga ekonomipun terganggu. Semua kegiatan secara langsung ditiadakan dan diganti secara online atau virtual. Walaupun seperti itu bukan berarti anda tidak bisa produktif, anda masih bisa melakukan kegiatan dengan membuat seminar online.

Semua orang dari anak-anak hingga lanjut usia diharuskan beradaptasi dengan kondisi sepert ini. Maka anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk tetap berusaha membuat kegiatan yang bermanfaat bagi semua orang. Misalnya saja dengan membuat seminar nasional melalui online dengan tema yang berkaitan tentang kesehatan, seperti bagaimana menghadapi corona atau yang lainnya.

Anda dapat membentuk sebuah tim untuk merealisasikan kegiatan ini. Apabila anda seorang mahasiswa, maka dapat membuat kegiatan yang produktif untuk organisasi kemahasiswaan yang anda ikuti. Biasanya jika mengikuti acara seminar secara offline, anda akan melihat pembicara menyampaikan materi di podium minimalis.

Ilustrasi webinar, Sumber : qlik.com
Ilustrasi webinar, Sumber : qlik.com

Namun apabila online sedikit berbeda nih, anda akan melihat pembicara menyampaikan materi melalui aplikasi webinar. Tidak hanya itu saja, anda juga akan melihat peserta lain secara tatap muka melalui webinar ini. Karena berbeda dari biasanya, kegiatan ini tergolong unik dan mengasyikkan loh. Anda bisa melihat semua peserta yang mengikuti seminar online ini.

Seminar online ini bisa dibuat atau ditujukan kepada siapapun. Apabila anda bekerja disebuah perusahaan, membuat kegiatan seminar online untuk seluruh karyawan juga diperlukan loh. Tujuannya untuk mengedukasi sesuatu hal melalui materi yang disampaikan oleh pembicara. Jadi ketika harus WFH (Work From Home), karyawan tetap melakukan kegiatan yang produktif.

Tips Membuat Seminar Online

Walaupun dilakukan secara offline, kegiatan seminar online ini haruslah dibuat semenarik mungkin agar rangkaian acaranya sukses. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat seminar online ini berjalan lancar sesuai harapan.

1. Pemilihan Tema

Hal pertama yang perlu anda persiapkan sebelum mengadakan kegiatan seminar online adalah memilih tema. Pilihlah tema yang menarik untuk dibahas. Untuk saat ini mungkin akan lebih menarik apabila membahas mengenai covid-19. Anda bisa mencari topik pembahasan terkait covid-19 lalu dibahas bersama dengan tim, mana yang lebih cocok diangkat sebagai tema seminar online tersebut.

Selain itu anda juga bisa mencari alternatif tema lain seperti mengenai bisnis pada saat terjadi pandemi. Buatlah judul yang menimbulkan rasa penasaran dihati masyarakat untuk mengikuti seminar online yang akan diadakan itu. Buatlah judul yang sedang relevan dengan kondisi sekitar. Pemilihan tema yang tepat dapat mempermudah anda menuju langkah selanjutnya.

Ilustrasi menentukan tema, Sumber : annualreport.id
Ilustrasi menentukan tema, Sumber : annualreport.id

2. Menentukan Target

Setelah anda memilih tema, maka langkah selanjutnya adalah menentukan siapa yang menjadi target audiens. Agar seminar anda dapat dikatakan berhasil, maka dalam menentukan target ini juga harus tepat. Untuk menentukan target audiens yang sesuai, anda memerlukan beberapa persiapan. Pertama anda perlu melihat dari segi usia, jenis kelamin, hingga latar pendidikan atau pekerjaannya.

Kemudian yang selanjutnya, anda perlu mengetahui apa saja yang sedang mereka alami. Misalnya saja apakah sudah relevan dengan topik pembiacaraan yang akan disampaikan pada webinar tersebut. Lalu apabila target anda adalah masyarakat luas maka anda juga bisa melakukan survey untuk mengetahui ketertarikan masyarakat umum terhadap topik yang telah ditentukan sebelumnya.

Ilustrasi memilih target audiens, Sumber : robij271blog.wordpress.com
Ilustrasi memilih target audiens, Sumber : robij271blog.wordpress.com

3. Menentukan Waktu Pelaksanaan

Salah satu yang membuat seminar online ini berhasil juga dipengaruhi oleh faktor penentuan waktu pelaksanaan yang tepat. Setelah anda mengetahui siapa yang akan menjadi target audiens, maka anda dapat menyesuaikan waktu pelaksanaan seminar online sesuai dengan kegiatan audiens anda. Apabila target anda ibu rumah tangga, maka anda bisa memilih waktu siang hari.

Biasanya seorang ibu rumah tangga selesai mengurus rumah pada waktu siang hari. Untuk harinya, disarankan menghindari akhir pekan. Karena saat akhir pekan, biasanya akan digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Lebih baik mengambil waktu weekday, sesuai dengan aktivitas target audiens anda.

Ilustrasi memilih waktu pelaksanaan, Sumber : googleberita.com
Ilustrasi memilih waktu pelaksanaan, Sumber : googleberita.com

4. Memilih Pembicara

Memilih pembicara merupakan faktor yang sama pentingnya dengan faktor yang lainnya. Pilihlah pembicara yang berkompeten terhadap topik pembicaraan yang telah anda tentukan. Pembicara yang berkompeten juga dapat mempengaruhi seseorang untuk mengikuti seminar online anda.

Apabila pembicara diyakini merupakan orang yang berpengaruhi, maka akan banyak peserta yang akan mengikuti seminar tersebut. Pembicara juga diharuskan handal untuk menyikapi segala pertanyaan yang akan dilontarkan oleh audiens yang ada.

Selain itu diharapkan seorang pembicara dapat melakukan interaksi yang baik dan menarik dengan audiens, agar terjadi timbal balik yang baik antara pembicara dan peserta. Jika pembicara tidak mampu menarik minat peserta, maka seminar akan terasa membosankan dan akan garing. Oleh sebab itu, dalam menentukan pembicara tidak boleh sembarangan.

Memilih pembicara, Sumber : jete.id
Memilih pembicara, Sumber : jete.id

5. Menyusun Rundown Acara

Untuk menghindari acara yang membosankan dan tidak terarah, maka diperlukan menyusun rundown acara sebelumnya. Karena online tentu saja ada perbedaan dari segi penyampaiannya, oleh sebab itu hindarilah mengulur waktu yang terlalu lama agar peserta tetap tertarik.

Di sela-sela seminar jangan lupa disisipi ice breaking, tujuannya agar peserta bisa menyegarkan pikiran sejenak dan lebih bersemangat lagi untuk mengikuti rangkaian acara hingga selesai. Selain itu, sisipi pula dengan sesi tanya jawab untuk mengetahui seberapa dalam peserta memahami materi yang telah disampaikan oleh pembicara.

Ilustrasi menyusun rundown acara, Sumber : mamikos.com
Ilustrasi menyusun rundown acara, Sumber : mamikos.com

Anda tidak perlu membuat website sendiri untuk menggelar seminar online. Ada banyak website penyedia layanan seminar online gratis hingga berbayar yang bisa Anda gunakan seperti Zoom, Google Meet, Cisco Webex dan sebagainya.

Untuk anda yang sedang membutuhkan berbagai macam podium minimalis atau mimbar, anda bisa memesannya di Jaya Podium. Apabila anda ingin mengetahui harga podium minimalis, anda bisa mengunjungi laman website kami atau dapat menghubungi langsung kontak yang tertera. Anda dapat menyesuaikan sendiri bahan apa yang ingin anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bagaimana cara untuk membuat kegiatan seminar online. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Nantikan artikel informatif lainnya dari Jaya Podium yang tentu saja menarik untuk diikuti.

Leave a Reply