Manfaat Sholat Sunnah Tahajud di Sepertiga Malam, Apa Saja?

  • Post published:
  • Post category:Islam

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan saat malam hari setelah sholat isya’ hingga menjelang subuh. Sholat sunnah tahajud ini memiliki banyak sekali manfaat, apalagi bila Anda kerjakan setiap hari. Menunaikan sholat tahajud memang sunnah, namun terdapat banyak sekali keistimewaan yang bisa Anda dapatkan dari sholat sunnah tersebut.

Untuk menunaikan sholat tahajud ini harus diawali dengan tidur sejenak terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui bahwa yang dimaksud dari sholat di sepertiga malam ini memiliki 3 tahapan yakni:

  • Sepertiga malam yang pertama. Waktu sholat tahajud di sepertiga malam pertama ini di mulai dari setelah selesai sholat isya’ hingga pukul 10 malam. Namun perlu diingat bahwa Anda tetap harus tidur sejenak terlebih dahulu sebelum menunaikan sholat di waktu seperti malam yang pertama.
  • Sepertiga malam yang kedua. Untuk waktu pelaksanaan sholat tahajud di sepertiga malam yang pertama dimulai dari pukul 10 malam hingga 1 dini hari.
  • Sepertiga malam yang terakhir. Sholat tahajud di sepertiga malam terakhir inilah yang merupakan waktu paling utama untuk menunaikan sholat tahajud. Sepertiga malam terakhir ini dimulai dari pukul 1 dini hari hingga menjelang subuh.
Manfaat sholat sunnah tahajud, Sumber: ummetro.ac.id
Manfaat sholat sunnah tahajud, Sumber: ummetro.ac.id

Mengenai sholat tahajud ini juga tertuang di dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Waktu paling dekat antara Rabb dengan hamba-Nya adalah pada separuh malam terakhir. Karenanya jika kamu dapat menjadi salah satu orang yang mengingat Allah, maka lakukanlah.” (HR. Tirmidzi dan Nasa’i).

Meskipun memiliki manfaat yang dahsyat, namun masih banyak orang-orang yang belum mengerjakan sholat sunnah tahajud ini. Memang bukan hal yang mudah untuk bangun di sepertiga malam lalu melaksanakan sholat malam. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mengerjakannya, pupukkan niat yang tulus di hati karena Allah untuk mempermudah Anda melaksanakan sholat tahajud.

Manfaat Sholat Sunnah Tahajud

Salah satu amalan sunnah Rasulullah SAW ialah menunaikan sholat tahajud di sepertiga malam. Rasulullah akan tidur setelah selesai menunaikan sholat isya’, kemudian beliau akan bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat tahajud. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan apabila menunaikan sholat sunnah tahajud, berikut beberapa manfaatnya.

1. Terkabulnya Doa

Apabila Anda memiliki sebuah permintaan, maka mintalah kepada Allah saat sholat tahajud. Allah akan mengabulkan doa-doa yang Anda panjatkan di dalam sholat tahajud ini. Hal tersebut juga tertuang dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir).

Tidak terkecuali dalam urusan jodoh, Anda akan mendapatkan manfaat sholat tahajud untuk jodoh. Anda bisa meminta kepada Allah untuk mendekatkan jodoh Anda, atau meminta diberikan jodoh yang terbaik pada menunaikan sholat malam ini.

2. Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kesehatan Rohani

Manfaat sholat malam selanjutnya ialah untuk membantu menjaga kesehatan rohani. Orang-orang yang selalu rajin untuk menunaikan sholat tahajud akan memiliki sifat yang ramah, rendah hati, dan selalu memiliki ketenangan jiwa. Hal tersebut juga tertuang di dalam salah satu ayat Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

Sholat tahajud dapat mengabulkan doa, Sumber: pinhome.id
Sholat tahajud dapat mengabulkan doa, Sumber: pinhome.id

3. Jalan Menuju Surga

Manfaat yang akan Anda dapatkan dari sholat sunnah tahajud berikutnya ialah akan menjadi jalan menuju surga. Sholat tahajud merupakan salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk mencapai surga Allah SWT. Hal tersebut juga sesuai dengan salah satu hadits dari Abdullah bin Salam RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapaan salam, berikanlah makanan dan sholatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR Tirmidzi).

4. Menghapus Dosa

Sholat tahajud akan menggugurkan dosa-dosa kecil yang telah Anda perbuat selama ini. Anda bisa mendekatkan diri kepada Allah dan memohon ampunan dari berbagai dosa yang telah Anda lakukan. Selain itu dengan sholat tahajud juga akan mencegah Anda untuk melakukan perbuatan dosa yang lainnya.

Baca juga: Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu, Apa Saja?

5. Memperoleh Kemuliaan

Menunaikan sholat tahajud secara rutin juga akan membantu Anda untuk mendapatkan kemuliaan. Di dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Jibril mendatangiku dan berkata, ‘Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah salat waktu malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain.” (HR Al Baihaqi).

6. Amalan yang Membantu di Akhirat

Rutin menunaikan sholat tahajud di sepertiga malam juga akan menjadi amalan yang akan membantu Anda di akhirat kelak. Hal tersebut juga sudah tertuang di dalam salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Sholat tahajud di sepertiga malam, Sumber: dream.co.id
Sholat tahajud di sepertiga malam, Sumber: dream.co.id

Sedikit informasi untuk Anda yang sedang mencari podium minimalis untuk berbagai kebutuhan, maka bisa menghubungi kami. Kami dari Jaya Podium melayani pembuatan podium minimalis sesuai dengan pesanan Anda. Untuk mengetahui detail harga podium minimalis, Anda bisa mengunjungi laman website kami. Selain itu Anda juga bisa langsung menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Itulah tadi informasi mengenai manfaat sholat sunnah tahajud. Berbagai keutamaan tersebut akan sayang jika tidak Anda manfaatkan. Ikuti berbagai artikel menarik dari kami seperti manfaat puasa sunnah dan yang lainnya. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut hanya dengan mengakses laman website Jaya Podium.

Leave a Reply