Inilah Manfaat Sholat Berjamaah di Masjid (Penuh akan Pahala)

  • Post published:
  • Post category:Islam

Sholat merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim di dunia. Dalam melakukan sholat bisa dikerjakan sendiri atau bersama-sama (jamaah). Tempatnya juga bisa dilakukan di rumah maupun di masjid. Namun jika melakukan sholat berjamaah di masjid akan mendatangkan banyak manfaat bagi yang melaksanakannya.

Bagi seorang laki-laki memang lebih baik mengerjakan sholat di masjid secara berjamaah. Jadi tidak hanya saat sholat jum’at saja ya, namun sholat 5 waktu juga. Ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan ketika melaksanakan sholat berjamaah di masjid.

Ada salah satu hadits tentang keutamaan sholat berjamaah, Rasulullah SAW bersabda: “Sholat berjamaah lebih afdhal daripada sholat sendirian sebanyak 27 kali lipat.” (H.R Bukhari dan Muslim). Bisa Anda bayangkan banyaknya pahala yang akan Anda dapatkan bila sholat 5 waktu di masjid secara berjamaah bukan?

Sholat berjamaah, Sumber: dream.co.id
Sholat berjamaah, Sumber: dream.co.id

Selain itu masih ada pahala lain yang akan Anda dapatkan bila sholat berjamaah di masjid. Diterangkan dalam sebuah hadits mengenai setiap satu langkah menuju masjid akan dihapuskan dosanya dan akan dicatat sebagai amalan yang baik. Hadits tersebut berbunyi:

Barangsiapa yang berangkat menuju masjid untuk shalat berjamaah, maka satu langkah akan menghapus dosa dan langkah berikutnya dicatat sebagai amal kebaikan, baik pada saat berangkat maupun kembali.” (H.R Ahmad).

Eitss tunggu dulu, ternyata masih ada lagi pahala yang akan Anda dapatkan bila sholat berjamaah di masjid. Sebelum waktu sholat tiba, Anda bisa memanfaatkannya dengan menunggu di masjid sambil berdzikir sampai waktu sholat tiba. Hanya dengan duduk dan menunggu, pahala yang akan Anda dapatkan ialah setara pada saat melakukan sholat. Hal tersebut tertuang pada hadits yang berbunyi:

Salah seorang diantara kalian yang duduk untuk menunggu waktu shalat, maka dia dalam keadaan shalat selama tidak berhadats. Malaikat mendoakannya, “Ya Allah, ampunilah dia, ya Allah rahmatilah dia”.” (H.R Muslim).

Manfaat Sholat Berjamaah di Masjid

Apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW mengandung banyak manfaat dan kebaikan untuk kita. Terlebih kita dengan niat yang tulus mengikuti berbagai amalan sunnah Rasul, keberkahan akan senantiasa Anda dapatkan. Berikut keutamaan yang bisa Anda dapatkan ketika melaksanakan sholat berjamaah di masjid.

Mendapatkan Pahala Berlipat

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika sholat berjamaah di masjid ialah mendapatkan pahala yang berlipat. Ada banyak pahala sudah siap menanti Anda, jika mengerjakan sholat berjamaah. Anda akan diberikan 27 derajat pahala bila mengerjakan sholat secara berjamaah.

Selain itu setiap Anda berangkat menuju masjid dan pulang dari masjid setelah mengerjakan sholat berjamaah disana, setiap langkahnya akan menghapus dosa Anda. Pada saat menunggu waktu sholat tiba di masjid, Anda juga akan mendapatkan pahala setara dengan mengerjakan sholat. Pahala yang luar biasa tersebut akan sayang jika tidak diraih bukan?

Anda juga bisa menghabiskan waktu di masjid sembari menunggu datangnya sholat dengan melihat-lihat sekililing masjid. Jika di dalam masjid terdapat podium minimalis atau mimbar, Anda bisa membantu membersihkannya dari debu yang menempel. Selain itu Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan berdzikir kepada Allah.

Ilustrasi menunggu waktunya sholat, Sumber: akurahmathidayat.blogspot.com
Ilustrasi menunggu waktunya sholat, Sumber: akurahmathidayat.blogspot.com

Dihindarkan dari Sifat Munafik

Munafik adalah sifat yang dibenci oleh Allah SWT, untuk itu sudah seharusnya kita berusaha untuk menjauhkan diri dari sifat munafik. Salah satu cara agar kita terhindar dari sifat munafik yakni terbiasa melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Mengenai sifat munafik ini juga tertuang dalam sebuah hadits yang berbunyi:

Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang-orang munafiq dari pada shalat subuh dan isya. Seandainya mereka tahu nilai yang terkandung didalam kedua shalat itu , pastilah mereka mendatangi (Masjid)kedua shalat itu meskipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari).

Baca juga: Kumpulan Sholawat Kepada Nabi

Mendapat Doa dari Malaikat

Manfaat sholat berjamaah di masjid selanjutnya adalah Anda akan mendapatkan doa dari para malaikat. Doa dari malaikat itu mustajab, setiap kaum muslim tentu saja ingin di doakan oleh salah satu makhluk ciptaan Allah yang suci ini. Anda akan didoakan oleh malaikat saat melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda:

Shalat seseorang dengan berjama’ah dilipatgandakan daripada shalatnya di rumah dan di pasarnya dua puluh lima kali lipat. Dan hal itu apabila ia berwudhu lalu memperbagus wudhunya kemudian keluar ke masjid dengan tujuan hanya untuk shalat. Tiap ia melangkah satu langkah maka diangkatkan baginya satu derajat dan dihapuskan satu dosanya. Lalu apabila ia shalat, para malaikat akan terus mendo’akannya selama ia berada di tempat shalatnya, selama ia tidak berhadats. Malaikat akan mendoakan, “Ya Allah, sejahterakanlah ia. Ya Allah, rahmatilah dia.” Dan ia dianggap terus menerus shalat selama ia menunggu shalat.” (HR. Bukhari, no. 647 dan Muslim, no. 649).

Mendapatkan Naungan di Hari Kiamat

Ada salah satu hadits yang berbunyi: “Ada tujuh golongan yang dinaungi kelak di hari kiamat, salah satunya adalah orang yang  hatinya terpaut dengan masjid. Seorang pemuda yang hatinya terikat dengan masjid, orang-orang itulah yang akan mendapat perlindungan Allah saat hari Kiamat kelak.” (HR. Al Bukhori).

Jika dilihat dari hadits tersebut dikatakan bahwa terdapat satu golongan yang nantinya akan mendapatkan perlindungan Allah di hari kiamat, yakni orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Jika Anda senantiasa melakukan sholat berjamaah di masjid, maka Anda akan menjadi salah satu golongan yang mendapatkan perlindungan saat hari kiamat kelak.

Jalan kaki menuju masjid, Sumber: islamindonesia.id
Jalan kaki menuju masjid, Sumber: islamindonesia.id

Ada tambahan informasi bagi Anda yang membutuhkan podium minimalis, maka Anda bisa menghubungi kami. Jaya Podium merupakan produsen yang memproduksi langsung barang pesanan Anda. Untuk mengetahui harga podium minimalis, Anda bisa mengunjungi laman website kami. Anda juga bisa menghubungi kami langsung untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Itulah informasi mengenai manfaat sholat berjamaah di masjid. Manfaat tersebut akan sayang jika Anda lewatkan, yuk lebih giat lagi untuk meningkatkan keimanan agar mendapatkan ridho Allah. Ikuti artikel menarik dari kami seperti fadhilah bersedekah dan yang lainnya. Anda bisa langsung mengakses laman website Jaya Podium untuk membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply