Inilah Manfaat dari Puasa Sunnah!

  • Post published:
  • Post category:Islam

Puasa merupakan salah satu ibadah yang biasa kita lakukan sebagai umat muslim. Namun sebenarnya puasa itu tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja loh, diluar bulan tersebutpun bisa. Contohnya saja yang paling umum dilakukan di masyarakat adalah puasa sunnah Senin dan Kamis. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari puasa sunnah ini.

Tidak hanya pahala saja yang akan Anda dapatkan ketika menjalani puasa sunnah ini, namun dari segi kesehatan juga akan Anda dapatkan manfaatnya. Banyak sekali manfaat dari puasa Senin dan Kamis ini dan dilakukan juga oleh Rasulullah SAW. Apa yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW berarti baik untuk kita mengikutinya, jangan lupa luruskan niat karena Allah SWT ya.

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW : “Seluruh amal manusia dilaporkan ke hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Senin dan hari Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya sedang bermusuhan.” (HR. Muslim)

Sehingga dengan menjalankan ibadah puasa sunnah di hari Senin dan Kamis Anda bisa mendapatkan berbagai keutamaannya. Selain melakukan puasa di hari Senin dan Kamis, Anda juga bisa menambahkan amalan-amalan Rasulullah lainnya. Seperti sholat Dhuha, sholat malam, menggosok gigi dengan siwak, serta amalan sunnah Rasulullah lainnya.

Manfaat puasa sunnah, Sumber : acehtrend.com
Manfaat puasa sunnah, Sumber : acehtrend.com

Manfaat dari Puasa Sunnah

Puasa sunnah tidak hanya puasa Senin Kamis saja, tapi terdiri dari beberapa macam. Misalnya saja seperti puasa sunnah 1-7 Dzulhijjah, puasa Syawal, puasa Arafah 9 Dzulhijjah, dan berbagai puasa sunnah lainnya. Semua puasa sunnah tersebut apabila dijalankan akan memberikan banyak manfaat bagi diri Anda, berikut manfaat-manfaatnya.

1. Menambahkan Keistiqomahan dalam Beribadah

Belajar untuk selalu istiqomah memang bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti Anda tidak bisa untuk istiqomah. Dengan menjalankan ibadah puasa sunnah, sudah termasuk sebagai upaya untuk meningkatkan keistiqomahan diri dalam beribadah. Selain puasa sunnah ada berbagai cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menambahnya.

Hal yang penting dan utama untuk membantu kita agar tetap istiqomah adalah niat. Jika segala sesuatu yang Anda jalankan didasari dari niat untuk mendapatkan keridhoan Allah SWT, maka InsyaAllah apa yang Anda lakukan tersebut dapat berjalan dengan lancar. Jangan jadikan puasa sunnah sebagai ajang pamer agar dipuji ya, hal tersebut merupakan niat yang salah.

Ilustrasi istiqomah, Sumber : merdeka.com
Ilustrasi istiqomah, Sumber : merdeka.com

2. Membiasakan Diri Mengendalikan Hawa Nafsu

Salah satu hal yang paling sulit untuk dikendalikan dari dalam diri manusia adalah hawa nafsu. Dengan melakukan puasa sunnah, Anda dapat terbantu untuk dapat mengendalikan hawa nafsu. Seperti yang kita ketahui bahwa manusia selain diberi akal juga memiliki hawa nafsu. Namun jika Anda tidak dapat mengendalikan hawa nafsu di dalam diri itulah yang dikhawatirkan.

Ada banyak hal yang dapat menjerumuskan manusia ke dalam neraka karena keinginan yang didasari oleh hawa nafsu (syahwat). Sebaliknya ada berbagai amalan yang dapat membantu manusia masuk surga, namun amalan tersebut tidak dipengaruhi oleh nafsu. Oleh sebab itu, dengan puasa maka Anda dapat berlatih untuk mengendalikan hawa nafsu.

Ilustrasi hawa nafsu, Sumber : pks.id
Ilustrasi hawa nafsu, Sumber : pks.id

3. Membantu Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Manfaat dari puasa sunnah berikutnya adalah membantu mengeluarkan racun-racun yang mengendap di dalam tubuh. Ketika melakukan puasa, Anda tidak akan mengonsumsi makanan maupun minuman selama beberapa jam. Pada saat itulah dimanfaatkan oleh tubuh Anda untuk melakukan pembersihan diri dari racun yang mengendap atau bisa dikatakan tubuh sedang melakukan reset atas fungsinya.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh, Sumber : jurnalpalopo.pikiran-rakyat.com
Mengeluarkan racun dari dalam tubuh, Sumber : jurnalpalopo.pikiran-rakyat.com

4. Mengontrol Gula Darah

Apabila gula darah di dalam tubuh Anda tidak terkontrol atau sering naik dan membahayakan tubuh, maka dengan melakukan puasa sunnah dapat membantu mengontrolnya. Kondisi tersebut dapat membantu untuk menurunkan produksi insulin di dalam tubuh, alhasil Anda akan terbantu dalam menurunkan kadar darah.

Alat pengecek gula darah dalam tubuh, Sumber : alodokter.com
Alat pengecek gula darah dalam tubuh, Sumber : alodokter.com

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa yang Anda lakukan juga dapat bermanfaat mengenai penurunan berat badan. Walaupun penurunan yang terjadi tidak secara drastis, namun jika diimbangi dengan asupan makanan yang tepat maka dengan puasa dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa kelebihan berat badan dapat menjadi sarang penyakit.

Baca juga : Fadhilah Bersedekah yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai penyakit berbahaya dapat dengan mudah menyerang seseorang yang memiliki berat badan berlebih. Untuk itu melakukan puasa sunnah juga dapat membantu tubuh Anda menurunkan berat badan, sehingga menjadikannya lebih sehat.

Timbangan berat badan, Sumber : hellosehat.com
Timbangan berat badan, Sumber : hellosehat.com

6. Membantu Organ Pencernaan Istirahat Sejenak

Organ pencernaan merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peranan besar dalam mencerna makanan. Oleh sebab itu, sistem pencernaan memerlukan waktu untuk beristirahat sejenak dari kesibukannya. Ketika menjalankan puasa, secara otomatis Anda akan memberikan waktu sejenak untuk sistem pencernaan mempersiapkan diri untuk bekerja kembali secara optimal.

Terkadang kita tidak menyadari bahwa beberapa organ tubuh kita telah bekerja terlalu keras, sehingga ada beberapa yang lelah dan berakibat buruk pada kesehatan. Maka dari itu dengan berpuasa akan membantu kinerja sistem pencernaan kembali optimal.

Sistem pencernaan manusia, Sumber : review.bukalapak.com
Sistem pencernaan manusia, Sumber : review.bukalapak.com

Untuk anda yang sedang mencari serta membutuhkan berbagai jenis podium minimalis atau mimbar masjid, maka Anda bisa langsung menghubungi Jaya Podium. Kami merupakan produsen yang membuat langsung setiap pesanan podium. Untuk mengetahui harga podium minimalis, anda dapat menghubungi kontak kami yang sudah tertera di laman website.

Itu tadi informasi yang telah kami sampaikan mengenai manfaat dari puasa sunnah. Terima kasih telah berkenan untuk membaca informasi di atas, semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat serta menambah keimanan Anda. Dapatkan artikel menarik seputar mimbar masjid dan informasi lainnya hanya di laman website Jaya Podium tentunya.

Leave a Reply