Manfaat Mengaji Setiap Hari (Penenang Hati)

  • Post published:
  • Post category:Islam

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah bagi setiap muslim. Mengaji dapat mendatangkan banyak manfaat untuk siapa saja yang melakukannya, apalagi bila dikerjakan setiap hari. Karena mengandung banyak keutamaan yang baik, bahkan sejak dini kita sudah diajari bagaimana cara membaca Al-qur’an.

Biasanya saat masih kecil, banyak anak-anak yang dimasukkan oleh orang tua masing-masing ke TPA. Di tempat TPA anak-anak lebih senang dan tidak bosan, karena metode pembelajarannya yang menyenangkan. Ditambah ada banyak teman-teman yang juga belajar mengaji di sana, sehingga akan membuat anak-anak semakin semangat untuk belajar ngaji.

Apabila diusia dewasa Anda baru belajar ngaji, maka Anda tidak perlu malu. Teruslah berusaha supaya dapat membaca Al-qur’an dengan lancar. Hal tersebut lebih baik daripada hanya diam saja dan tidak berusaha supaya bisa membaca Al-qur’an. Padahal terdapat banyak kebaikan yang akan Anda dapatkan apabila rutin membaca Al-qur’an.

Manfaat mengaji setiap hari, Sumber: wowkeren.com
Manfaat mengaji setiap hari, Sumber: wowkeren.com

Meskipun hanya dibaca sedikit demi sedikit namun setiap hari, mengaji tetap dapat membawa banyak sekali manfaat untuk Anda. Bahkan apabila Anda belum lancar membacanya dan masih terbata-bata, tetap akan ada pahala yang mengalir untuk Anda. Hal tersebut tertuang dalam salah satu hadits, Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah meriwayatkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang yang lancar membaca Al-qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-qur’an dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.” (HR. Muslim).

Manfaat Mengaji Setiap Hari

Salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim ialah beribadah kepada Allah. Banyak sekali jenis ibadah yang bisa dilakukan untuk beribadah selain sholat wajib 5 waktu. Misalnya saja mengaji di rumah, masjid, maupun di majelis ilmu. Lalu apa saja sih manfaat ngaji tiap hari? Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan apabila rajin mengaji setiap hari.

Terhindar dari Gangguan Setan

Setan adalah musuh manusia yang selalu menggoda untuk melakukan keburukan. Terkadang ada beberapa rumah yang memiliki energi kurang baik karena terdapat banyaknya gangguan setan. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengusir setan dari rumah ialah rumah yang dibacakan al-qur’an setiap harinya.

Selain rumah yang terhindar dari gangguan setan, Anda yang membacanya setiap hari juga akan terhindar dari godaan setan yang terkutuk. Rumah yang tidak pernah dibuat sholat maupun mengaji akan sama seperti kuburan. Jadi sudah seharusnya kita menjaga rumah agar tidak seperti kuburan dengan rajin sholat dan mengaji.

Baca juga: Fadhilah Bersedekah yang Wajib Anda Ketahui

Mendapatkan Pahala

Manfaat utama dari mengaji setiap hari yakni akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Baik untuk yang sudah lancar membacanya ataupun yang masih terbata-bata. Hal tersebut tertuang dalam salah satu hadits, kata ‘Abdullah ibn Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi).

Mendapatkan Berbagai Kebaikan Lain

Selain dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT, manfaat membaca al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari juga akan mendatangkan berbagai kebaikan lainnya. Bagi siapa saja yang rajin membaca Al-qur,an meskipun dirinya tidak meminta apapun pada Allah, Allah akan senantiasa memberikan apa yang dibutuhkannya. Hal ini juga telah tertuang di salah satu hadits, yakni:

“Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-qur’an, hingga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya.” (HR. Al-Baihaqi).

Membaca Al-qur'an bersama-sama, Sumber: republika.co.id
Membaca Al-qur’an bersama-sama, Sumber: republika.co.id

Mengobati Penyakit

Mengaji setiap hari mendatangkan banyak manfaat baik, salah satunya sebagai obat dari penyakit manusia. Tidak hanya sakit fisik saja, namun dengan rajin membaca Al-qur’an juga bisa mengobati penyakit hati. Hal ini telah tertuang di salah satu ayat Al-qur’an, Allah SWT berfirman:

“Dan Kami turunkan dari Al-qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” (QS. Al-Isra’: 82).

Menenangkan Hati

Manfaat rajin membaca Al-qur’an berikutnya ialah untuk menenangkan hati. Dengan membaca Al-qur’an hati menjadi lebih tentram dan tenang. Orang-orang beriman akan selalu mengingat Allah SWT melalui membaca ayat-ayat suci Al-qur’an. Hal ini juga telah tertuang di dalam Al-qur’an, yakni:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Selain mendatangkan banyak manfaat di dunia, membaca Al-qur’an juga mendatangkan keistimewaan di hari kiamat kelak. Salah satu keutamaan dari membaca Al-qur’an ialah mendapatkan syafaat di hari kiamat. Bagi setiap orang yang rajin mengaji tentu saja hal ini bisa menjadi penolong dari siksaan yang pedih. Hal ini telah tertuang di dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Bacalah Al-qur’an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya.” (HR. Ahmad).

Rajin ngaji banyak manfaatnya, Sumber: islampos.com
Rajin ngaji banyak manfaatnya, Sumber: islampos.com

Ada tambahan informasi untuk Anda yang mencari podium minimalis, maka bisa memesannya di Jaya Podium. Kami dari Jaya Podium melayani pembuatan podium minimalis sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mengetahui detail harga podium minimalis, Anda bisa mengunjungi laman website kami atau juga bisa langsung menghubungi kami di kontak yang telah tersedia.

Itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat dari mengaji setiap hari. Mulailah membaca Al-qur’an, meskipun sedikit demi sedikit. Manfaat yang terkandung di dalamnya akan sayang jika dilewatkan. Ikuti berbagai artikel menarik dari kami seperti manfaat sholat tahajud atau yang lainnya. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut hanya dengan mengakses laman website Jaya Podium.

Leave a Reply