Inilah Manfaat Yang Didapat! Apabila Belajar Bahasa Asing

Bahasa digunakan manusia untuk saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Ada berbagai macam bahasa yang tersebar di seluruh dunia. Jika anda belajar bahasa asing, maka anda akan mendapat banyak manfaat dalam hal tersebut. Salah satu unsur yang paling penting untuk mempengaruhi kehidupan ataupun kebudayaan manusia adalah penggunaan bahasa.

Sebagai alat komunikasi yang utama, bahasa meliputi kata, kumpulan kata, klausa, serta kalimat yang diungkapkan baik secara lisan maupun tulisan. Menurut para ahli bahasa, walaupun binatang memiliki kemampuan menggunakan tanda atau simbol untuk berkomunikasi, namun sistem komunikasi tersebut bukanlah sebuah bahasa.

Berbeda dengan binatang, manusia dapat bertukar ucapan melalui bahasa untuk berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Sehingga, fungsi utama yang dimiliki bahasa yakni untuk memenuhi kebutuhan komunikasi di antara sesama manusia.

Manfaat belajar bahasa asing, Sumber : smart-money.co
Manfaat belajar bahasa asing, Sumber : smart-money.co

Kemampuan seseorang dalam berbahasa juga berbeda-beda, ada yang lancar berbicara di depan umum ada pula yang tidak. Seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa yang bagus akan merasa percaya diri untuk berbicara di depan umum. Contohnya saja dapat anda lihat saat seseorang menyampaikan pidato di podium minimalis yang ada di sebuah acara.

Di era modern seperti sekarang ini kemampuan berbahasa asing merupakan hal yang penting. Alasannya agar mempermudah anda untuk berkomunikasi dengan dunia global. Sehingga anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang yang tinggal di negara lain, yang tentu saja memiliki bahasa yang berbeda-beda di setiap negaranya.

Keuntungan Mempelajari Bahasa Asing

Selain Bahasa Indonesia, penting juga untuk anda menguasai bahasa asing khususnya Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional. Dengan menguasai bahasa asing, akan mempermudah anda untuk berkomunikasi dengan dunia internasional. Lalu selain itu apa lagi manfaat yang di dapat dari belajar bahasa asing? Simak di bawah ini.

1. Membantu Saat Memasuki Dunia Kerja

Saat ini sudah banyak perusahaan asing yang mendirikan bisnisnya di Indonesia. Dengan kemampuan berbahasa asing yang anda miliki tentu saja akan memperbesar peluang anda untuk bisa memasuki perusahaan tersebut. Kemampuan berbahasa asing merupakan salah satu hard skill yang anda butuhkan saat memasuki dunia kerja.

Ketika anda memiliki kemampuan berbahasa asing dan mendaftar ke sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut akan memberikan nilai plus untuk anda dan memperbesar peluang anda untuk diterima bekerja. Sehingga, dengan menguasai berbagai bahasa asing dapat membantu mempermudah anda untuk mencari pekerjaan di perusahaan besar.

Dunia kerja, Sumber : perfectresume.ae
Dunia kerja, Sumber : perfectresume.ae

2. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Dengan mempelajari bahasa asing dapat membantu otak untuk melakukan tugas mengenali struktur bahasa baru. Ketika otak mempelajari bahasa baru, maka dalam memahami sebuah makna dan penggunaan kalimat-kalimat juga akan berdampak pada peningkatan keterampilan dalam membaca. Selain itu juga berdampak dalam hal bernegosiasi serta memecahkan masalah.

Kemudian sama halnya seperti otot, otak manusia juga membutuhkan olahraga. Olahraga yang paling baik dan dibutuhkan otak adalah belajar hal yang baru. Dengan mempelajari bahasa asing, maka daya ingat otak akan bertambah. Beberapa penelitian menyatakan bahwa orang yang menguasai dua bahasa lebih berkemampuan untuk mengingat daftar belanja dan arah lebih baik. 

Meningkatkan daya ingat, Sumber : klikdokter.com
Meningkatkan daya ingat, Sumber : klikdokter.com

3. Meningkatkan Kemampuan Multi Tasking

Seseorang yang memiliki kemampuan multi bahasa, akan fasih untuk berpindah sistem bahasa antara satu dengan yang lainnya. Kemampuan tersebutlah yang dapat membuat otak terbiasa dengan multi tasking. Orang tersebut akan cenderung dapat beradaptasi dengan mudah menggunakan dua sistem yang berbeda dalam satu waktu.

Selain itu, manfaat belajar bahasa asing juga dapat meningkatkan kinerja otak serta mencegah timbulnya berbagai penyakit yang dapat menyerang otak. Otak akan lebih terjaga kesehatan dan kemampuannya.  Sehingga, orang yang memiliki kemampuan multi bahasa jarang sekali yang terkena penyakit Alzheimer dan Demensia. 

Ilustrasi multi tasking, Sumber : medium.com
Ilustrasi multi tasking, Sumber : medium.com

4. Membantu Menajamkan Pikiran

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol menunjukkan bahwa orang yang memiliki kemampuan multi bahasa, mempunyai pikiran yang lebih tajam dan waspada. Orang tersebut akan dengan mudah merasakan apa saja yang tidak sesuai atau menipu. Penelitian tersebut dilakukan dengan membandingkan subyek multi bahasa dan satu bahasa.

Ternyata penelitian yang sedang mereka kembangkan tersebut dalam mempelajari subjek yang tidak diketahui telah membentuk mereka menjadi lebih mempunyai kesadaran yang tajam. Sehingga, mereka dapat belajar menjadi pemikir yang lebih kritis.

Menajamkan pikiran, Sumber : catatanmini.com
Menajamkan pikiran, Sumber : catatanmini.com

5. Membantu Terbuka Terhadap Budaya Lain

Bahasa merupakan pintu bagi sebuah budaya tertentu, dengan mempelajari bahasa baru juga memungkinkan seseorang memiliki pemahaman yang lebih luas tentang suatu ras atau budaya tertentu. Membuka diri terhadap budaya juga memungkinkan anda untuk lebih menghargai berbagai cara lain yang dilakukan dalam melakukan dan melihat sesuatu.

Apabila anda memiliki kemampuan multi bahasa, maka anda akan memiliki keuntungan untuk melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Saat ini dunia memiliki sesuatu hal yang saling berkaitan, dan memiliki kemampuan multi bahasa merupakan sebuah alat yang berharga.

Terbuka terhadap budaya lain, Sumber : skipprichard.com
Terbuka terhadap budaya lain, Sumber : skipprichard.com

Bagi anda yang membutuhkan berbagai jenis podium minimalis maupun mimbar, maka bisa memesannya di Jaya Podium. Untuk mengetahui harga podium minimalis, anda dapat langsung mengunjungi laman website kami atau dapat menghubungi kontak yang tertera. Anda juga dapat menyesuaikan bahan apa yang ingin anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa saja manfaat yang di dapat saat belajar bahasa asing. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat serta menambah wawasan anda. Ikuti artikel menarik lainnya dari Jaya Podium, yang dapat membantu menambah wawasan anda.

Leave a Reply