Inilah Keunggulan Stainless Steel Beserta Pemanfaatannya

Pada saat ini masih ada beberapa orang yang menanyakan apakah bahan stainless steel bisa berkarat? Jawabannya bisa, meskipun salah satu keunggulan stainless steel ialah tahan terhadap karat, namun bukan berarti jika digunakan terus-menerus stainless steel tidak bisa berkarat ya. Untuk menghindari karat tersebut, produk dari stainless steel juga perlu dirawat dengan tepat.

Apapun barangnya, jika sudah mulai berkarat tentu saja akan menurunkan keindahannya. Anda tidak mau menggunakan barang yang berkarat bukan? Oleh sebab itu mulai sekarang mari rawat dan jaga barang-barang yang Anda miliki supaya terhindar dari kawat. Namun jika stainless steel milik Anda sudah terlanjur berkarat, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk menghilangkannya.

Tips Menghilangkan Karat pada Stainless Steel

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, walaupun keunggulan stainless steel tahan karat namun bukan berarti bahan ini tidak bisa berkarat. Ada berbagai jenis stainless steel yang biasa digunakan untuk membuat berbagai produk. Diantara jenis-jenis tersebut tentu saja berkemungkinan pula untuk berkarat, berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan karat stainless.

1. Baking Soda

Penggunaan baking soda ini sudah dikenal oleh banyak orang karena keampuhannya membantu membersihkan berbagai produk yang memiliki noda membandel. Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan karat pada bahan stainless steel.

Penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur baking soda dengan air. Campurkan kedua bahan tersebut dengan takaran airnya lebih sedikit dari baking soda. Pastikan hasil pencampuran tersebut menjadi seperti pasta. Jika sudah barulah Anda mengoleskan baking soda ke bagian yang berkarat.

Baking soda, Sumber: orami.co.id
Baking soda, Sumber: orami.co.id

2. Minuman Bersoda

Anda juga bisa menghilangkan karat-karat yang menempel pada stainless steel dengan menggunakan minuman bersoda. Rendam produk yang berkarat tersebut ke dalam minuman bersoda sekitar 30 menit. Setelah 30 menit, angkatlah produk Anda dan cuci dengan air yang dicampur sabun. Pastikan Anda menggosoknya hingga bersih dan karat-karat tidak menempel lagi.

Minuman bersoda, Sumber: radarpekalongan.co.id
Minuman bersoda, Sumber: radarpekalongan.co.id

3. Pasta Gigi

Untuk beberapa peralatan rumah tangga, banyak yang menggunakan stainless steel sebagai bahan pembuatannya. Misalnya saja kran dan juga shower kamar mandi. Meskipun keunggulan stainless steel tahan terhadap karat, namun bukan berarti kran dan shower kamar mandi Anda tidak bisa berkarat.

Baca juga: Rekomendasi Merk HPL Berkualitas

Jika kran atau shower kamar mandi Anda berkarat, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan karat pada bahan stainless steel. Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke benda yang berkarat tersebut. Kemudian diamkan beberapa saat, setelah itu gosok dengan spons hingga bersih.

Pasta gigi, Sumber: uzone.id
Pasta gigi, Sumber: uzone.id

4. Jeruk Nipis

Tips menghilangkan noda karat pada bahan stainless steel selanjutnya ialah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memang sudah biasa digunakan oleh beberapa orang untuk membersihkan berbagai peralatan dapur dari noda yang membandel.

Cara penggunaan jeruk nipis ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu menaburkan garam secukupnya pada permukaan benda yang berkarat. Lalu setelah itu Anda bisa merendam bagian karat yang sudah ditaburi garam tersebut ke dalam air perasan jeruk nipis, Anda bisa merendamnya selama semalaman. Kemudian setelah didiamkan semalam, Anda bisa mulai mengikis bagian karatnya.

Jeruk nipis, Sumber: health.kompas.com
Jeruk nipis, Sumber: health.kompas.com

Keunggulan Stainless Steel Beserta Pemanfaatannya

Saat ini sudah banyak produk-produk di sekeliling Anda yang menggunakan stainless steel sebagai bahan pembuatannya. Mulai dari peralatan dapur hingga furniture banyak yang menggunakan bahan dari stainless steel. Berikut beberapa produk yang memanfaatkan stainless steel sebagai bahan pembuatannya.

  • Podium Minimalis
  • Panci
  • Wajan
  • Spatula
  • Gilingan Mie
  • Etalase
  • Lemari Dapur
  • Kitchen Set
  • Meja Kompor
  • Rak Serbaguna
  • Trolly Makanan
  • Wastafel
  • dan lain-lain.
Podium minimalis dari bahan stainless steel, Sumber: Ig @jayapodium
Podium minimalis dari bahan stainless steel, Sumber: Ig @jayapodium

Itu tadi beberapa produk-produk disekeliling Anda yang menggunakan stainless steel sebagai bahan pembuatannya. Karena banyaknya produk-produk yang menggunakan stainless steel, berarti secara tidak langsung mengindikasikan bahwa stainless steel memiliki berbagai macam keunggulan. Berikut beberapa kelebihan bahan stainless steel yang perlu Anda ketahui.

Tahan Terhadap Karat

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa stainless steel merupakan salah satu bahan yang tahan terhadap korosi atau karat. Oleh sebab itu banyak orang yang menyukai barang-barang yang terbuat dari bahan stainless steel ini.

Bahannya Kuat

Stainless steel dikenal dengan bahan yang memiliki kekuatan yang baik. Maka dari itu tidak heran banyak yang menggunakan stainless untuk pembuatan berbagai produk. Jadi apabila produk dari bahan ini jatuh, tidak akan mudah patah ataupun penyok.

Awet dan Tahan Lama

Apabila dirawat dengan tepat, bahan stainless steel ini dapat awet dan bisa bertahan lama. Paling sering, stainless steel digunakan untuk bahan pembuatan peralatan dapur. Maka dari itu biasanya ibu-ibu rumah tangga memilih menggunakan stainless untuk berbagai peralatan memasaknya.

Peralatan dapur dari stainless steel, Sumber: lifestyle.kompas.com
Peralatan dapur dari stainless steel, Sumber: lifestyle.kompas.com

Perawatannya Mudah

Stainless steel termasuk bahan yang mudah untuk perawatannya. Barang-barang seperti panci, wajan, dan yang lainnya juga mudah dibersihkan. Selain itu jika terlanjur berkarat, cara menghilangkan karatnya juga mudah. Anda hanya perlu mengikuti tips menghilangkan karat seperti yang telah disampaikan sebelumnya.

Tidak Mengandung Pori

Stainless steel juga tidak mengandung pori, karena terbuat dari logam sehingga permukaannya rapat. Karena tidak mengandung pori, maka berbagai peralatan dapur dari bahan stainless tidak mudah bocor ataupun mengalami retak.

Baca juga: Hal Yang Diperhatikan Dalam Penggunaan Mic Mimbar

Ada tambahan informasi untuk Anda yang sedang mencari podium minimalis berbahan stainless, maka bisa menghubungi kami. Kami dari Jaya Podium melayani pembuatan podium minimalis stainless sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mengetahui detail harga podium minimalis, Anda bisa mengunjungi laman website kami. Selain itu Anda juga bisa langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Itulah tadi informasi mengenai berbagai keunggulan stainless steel beserta pemanfaatannya. Ikuti berbagai artikel menarik lainnya dari kami seperti apa saja bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan podium. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut hanya dengan mengakses laman website Jaya Podium.

Leave a Reply