Kenali Jenis Kayu Pembuatan Podium

Podium minimalis merupakan alat yang digunakan seseorang untuk menyampaikan sebuah pesan pada acara tertentu. Biasanya podium digunakan pada acara-acara formal seperti pidato kenegaraan, seminar, pidato dari pimpinan perusahaan, dan acara formal lainnya. Untuk podium minimalis ada yang terbuat dari bahan stainless steel, kayu, maupun kombinasi. Ada beberapa jenis kayu pembuatan podium yang perlu anda ketahui macamnya.

Untuk kisaran harga podium minimalis maupun harga podium pidato dapat dipengaruhi oleh beberapa hal dalam penentuannya, misalnya saja dari seberapa besar ukuran podium minimalis yang anda butuhkan. Selain itu bahan apa yang digunakan untuk pembuatannya, apakah dari kayu, stainless steel, atau kombinasi. Jika ukurannya semakin besar maka secara otomatis biayanya akan mengikuti dengan seberapa banyak material yang digunakan untuk pembuatan podium tersebut.

Jenis kayu pembuatan podium, Sumber : perhutani.co.id
Jenis kayu pembuatan podium, Sumber : perhutani.co.id

Macam-Macam Kayu Untuk Pembuatan Podium

Untuk anda yang ingin mengetahui tentang apa saja jenis kayu pembuatan podium yang biasa digunakan sebagai bahan dasar podium minimalis, anda dapat menyimaknya di bawah ini. Jaya Podium telah merangkumkannya khusus untuk anda.

1. Kayu Mahoni

Jenis kayu pertama yang dapat digunakan dalam pembuatan podium adalah kayu mahoni. Kayu mahoni memiliki kualitas yang mendekati dan hampir mirip dengan kayu jati. Selain kualitasnya yang tinggi, kayu mahoni juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Kayu mahoni termasuk kategori kayu yang mewah dan memiliki tekstur keras dengan pori-pori yang kecil.

Kayu mahoni yang memiliki usia lebih dari 20 tahun dalam segi warnanya akan berubah menjadi warna merah hati yang pekat. Hal tersebutlah yang membuat kayu jenis ini digemari oleh masyarakat pada umumnya, karena dinilai cocok sebagai bahan pembuatan podium maupun berbagai macam furniture kayu.

Kayu mahoni, Sumber : courtina.id
Kayu mahoni, Sumber : courtina.id

2. Kayu Sonokeling

Jenis kayu berikutnya yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan podium adalah kayu sonokeling. Warna dari kayu ini terlihat sangat menarik, yaitu berwarna hitam keunguan. Selain itu pada bagian pinggirnya memiliki warna putih kekuningan. Oleh sebab itu kayu jenis ini dinilai cocok dijadikan bahan untuk membuat podium, karena dari segi kualitasnya yang bagus, kemudian warna yang unik, serta daya tahan yang hampir mirip dengan pohon jati.

Hingga saat ini kayu ini masih menjadi incaran sebagian masyarakat, untuk membuat berbagai furniture di dalam rumah dan berbagai keperluan lainnya. Tekstur dari kayu ini terlihat indah dan tampak elegan, sehingga menjadikan kayu sonokeling banyak digemari.

Kayu sonokeling, Sumber : arafuru.com
Kayu sonokeling, Sumber : arafuru.com

3. Kayu Jati

Dari dulu hingga sekarang kayu jati merupakan jenis kayu yang menjadi primadona di hati sebagian masyarkat Indonesia maupun mancanegara. Banyak yang menggunakan kayu jati sebagai bahan pembuatan furniture untuk interior rumah, pembuatan podium, dan masih banyak lagi yang dimanfaatkan dari kayu jati ini. Dari segi harga kayu jati termasuk kategori jenis kayu yang mahal, meskipun harganya mahal kayu jati tetap menjadi pilihan banyak orang.

Kayu jati dapat memberikan kesan mewah dan elegan ketika dibuat menjadi produk atau perabotan rumah tangga. Selain itu kayu jati memiliki daya tahan yang bagus dan kuat, itulah mengapa kayu jenis ini merupakan kayu yang mahal. Ada berbagai jenis dari kayu jati ini, diantaranya jati emas, jati rakyat, serta jati perhutani. Untuk pembuatan podium akan lebih cocok jika menggunakan jenis jati perhutani dan jati emas.

Kayu jati, Sumber : asyraafahmadi.com
Kayu jati, Sumber : asyraafahmadi.com

4. Kayu Eboni

Kayu eboni memiliki beberapa manfaat yang menjadikan kayu jenis ini sebagai material yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan podium minimalis. Walaupun dikategorikan sebagai jenis kayu yang memiliki harga yang mahal, namun anda tidak perlu meragukan lagi kualitas yang dihasilkan dari kayu eboni. Kayu eboni dinilai sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan produk atau perabotan rumah tangga lainnya.

Kayu eboni mempunyai warna coklat gelap yang kehitaman dan nampak eksotis dan cocok apabila dipoles hingga halus dan menjadikannya sebagai kayu untuk ornamental yang terlihat glamour dan elegan. Kayu jenis ini memiliki daya tahan yang tinggi sehingga menjadikannya kuat dan tahan terhadap segala jenis cuaca. Tidak akan jadi masalah bila terkena kelembaban yang tinggi.

Kayu eboni, Sumber : courtina.id
Kayu eboni, Sumber : courtina.id

5. Kayu Merbau

Kayu merbau menjadi salah satu jenis kayu yang juga kerap digunakan untuk kebutuhan pembangunan rumah, furniture, maupun pembuatan podium. Pohon merbau banyak tumbuh di daerah luar Pulau Jawa diantaranya tumbuh di Sulawesi, Kalimantan, Papua, hingga Maluku. Pohon ini yang nanti akan menjadi kayu merbau dapat tumbuh mencapai ketinggian hingga 50 meter.

Untuk karakter warna dari kayu merbau ini ialah kuning kecoklatan, coklat kemerahan, hingga sedikit kehitaman. Kemudian dari segi tekstur, kayu jenis ini memiliki tekstur yang cenderung kasar dan serat yang berbentuk melintang lurus. Tetapi ada juga kayu merbau dengan tekstur yang tidak beraturan.

Kayu merbau, Sumber : rimbakita.com
Kayu merbau, Sumber : rimbakita.com

6. Kayu Trembesi

Berikutnya ada kayu trembesi, kayu jenis ini memiliki serat yang cukup bagus, seratnya nampak teratur dan menonjol. Sehingga kesan alami dari kayu ini akan terlihat ketika digunakan sebagai bahan pembuatan podium. Kayu trembesi ini cocok ditempatkan di dalam ruangan (indoor) karena kayu trembesi merupakan jenis kayu yang tidak tahan terhadap cuaca panas maupun hujan. Jadi jangan meletakkan furniture kayu ini di luar ruangan, agar furniture anda tetap awet dan tahan lama.

Kayu trembesi, Sumber : alibaba.com
Kayu trembesi, Sumber : alibaba.com

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis kayu untuk pembuatan podium. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai macam-macam kayu. Selain itu anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar cara perawatan podium maupun informasi lainnya pada laman website Jaya Podium.

Leave a Reply