Mengenal Jenis-Jenis Triplek Yang Tersedia di Pasaran

Triplek merupakan sebuah papan yang terbuat dari beberapa lapis kayu veneer, yang kemudian direkatkan secara bersamaan agar menjadi papan. Material tersebut menjadi salah satu produk hasil olahan kayu yang sering digunakan dalam berbagai keperluan, misalnya saja dalam pembuatan podium maupun furniture rumah tangga. Ada berbagai jenis-jenis triplek yang perlu anda ketahui, triplek tersebut dapat anda jumpai dengan mudah di pasaran.

Berbeda dari material lainnya, triplek tersebut merupakan bahan yang ringan dan tidak membutuhkan sebuah tenaga ekstra. Sehingga triplek dapat mudah untuk membawanya, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Umumnya serat kayu untuk triplek dibuat dengan cara saling bersilangan 90 derajat. Kemudian ditumpuk dalam jumlah ganjil agar tidak terjadi pembengkokan yang dapat membuat papan tersebut menjadi tidak bisa dipakai.

Untuk berbagai jenis triplek yang ada di pasaran memiliki harga yang berbeda-beda, seperti halnya dengan podium atau mimbar. Untuk kisaran harga podium pidato, harga podium minimalis, maupun mimbar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal dalam penentuannya. Misalnya saja dari segi besar ukuran podium minimalis yang anda butuhkan. Jika ukurannya semakin besar, maka biaya yang dikeluarkan juga akan mengikuti dengan seberapa banyak material yang digunakan untuk pembuatan podium tersebut.

Jenis-jenis triplek, Sumber : google.com
Jenis-jenis triplek, Sumber : google.com

Mengenal Berbagai Macam Triplek

Ada beberapa jenis-jenis triplek yang biasa digunakan untuk pembuatan podium, kebutuhan pembangunan rumah, atau bisa juga berbagai macam furniture dan perabotan rumah tangga yang perlu anda ketahui.

1. Multipleks

Multipleks atau biasa dikenal dengan sebutan plywood ini merupakan salah satu dari bahan pembuatan podium minimalis. Plywood tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan podium saja, namun plywood atau multipleks ini juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai macam furniture untuk interior maupun exterior rumah anda.

Jenis triplek yang satu ini memiliki tekstur yang rapat dan kuat, dengan lapisan permukaan luarnya lebih kuat dibandingkan dengan lapisan tengahnya. Sifat dari multipleks tahan air, sehingga menjadikan triplek jenis ini dapat bertahan hingga mencapai puluhan tahun, asalkan dirawat dengan cara yang tepat. Selain itu multipleks juga memiliki tekanan tekuk yang baik, yang membuatnya cocok dijadikan sebagai bahan baku pembuatan podium maupun furniture rumah tangga yang berkualitas.

Multipleks, Sumber : americansoftwoods.com
Multipleks, Sumber : americansoftwoods.com

2. Particle Board

Jenis triplek ini diproduksi dengan cara mengumpulkan sisa-sisa serpihan kayu, yang kemudian akan dipadatkan dan dicetak menggunakan tekanan serta suhu yang tinggi. Tujuan dari proses tersebut agar membentuk papan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kualitas dari particle board sebenarnya tidak terlalu baik, alasannya karena jenis triplek ini rentan terhadap air dan daya dukungnya yang rendah. Namun, particle board biasanya tetap digunakan untuk bahan utama pembuatan berbagai macam furniture. Harga dari particle board juga cukup terjangkau, apabila dibandingkan dengan furniture dengan bahan baku lainnya.

Particle board, Sumber : dekoruma.com
Particle board, Sumber : dekoruma.com

3. MDF (Medium Density Fiberboard)

MDF (Medium Density Fiberboard) merupakan jenis triplek yang terbuat dari campuran hasil serat kayu lunak dengan serat kayu keras. Kemudian ditempelkan menggunakan lem maupun lilin yang selanjutnya akan dicetak menggunakan mesin yang bertekanan tinggi. Oleh sebab itu, jenis triplek ini memiliki susunan pori-pori dan permukaan yang jauh lebih baik dan lebih halus dari triplek jenis lainnya. Biasanya MDF digunakan untuk menjadi bahan utama pembuatan berbagai furniture interior rumah maupun box loudspeaker.

MDF (Medium Density Fiberboard), Sumber : seawhite.co.uk
MDF (Medium Density Fiberboard), Sumber : seawhite.co.uk

4. Melaminto

Melaminto biasanya dikenal juga dengan sebutan decorative plywood, merupakan papan triplek yang biasa digunakan untuk mengubah tampilan sebuah papan kayu menjadi lebih cantik. Pada permukaan melaminto ini juga dilapisi dengan campuran dari bahan polyester dan melamin, yang akan membuat warna serta teksturnya menjadi licin. Maka dari itu melaminto ini sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan kitchen set. Misalnya saja seperti tatakan pisau, maupun alas whiteboard karena permukaannya yang mulus serta licin.

Melaminto, Sumber : harga.web.id
Melaminto, Sumber : harga.web.id

5. Blockboard

Blockboard disusun dari balok-balok kayu yang lunak. Triplek varian ini tersusun dari 3 lapisan, yaitu 2 lapisan luar dan 1 lapisan tengah yang digabung menjadi satu. Nah pada bagian lapisan tengah dari triplek ini biasanya terbuat dari kayu akasia atau meranti yang solid, tujuannya agar tidak dapat dilengkungkan. Kemudian untuk bagian luarnya, permukaan blockboard dilapisi menggunakan veneer kayu. Alasan dilapisi veneer kayu ini agar dapat menampilkan kesan yang halus dan mengkilap.

Maka dari itu, pembuatan berbagai macam furniture maupun kerajinan yang menggunakan bahan blockboard ini terlihat sangat cocok. Karena dapat menampilkan kesan yang elegan dan modern untuk interior ruangan anda. Selain itu blockboard juga dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan lemari maupun partisi rumah.

Blockboard, Sumber : hargablockboard.com
Blockboard, Sumber : hargablockboard.com

6. Teakblock

Teakblock merupakan jenis triplek yang terbuat dari papan kayu jati. Seperti yang anda ketahui, kayu jati merupakan jenis kayu yang memiliki daya tahan yang awet serta kuat. Oleh sebab itu, teakblock ini juga memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan yang varian triplek yang lain.

Biasanya teakblock akan digunakan sebagai pelapis papan kayu, alasannya karena triplek ini memiliki daya tahan yang baik terhadap benturan dan perubahan segala kondisi cuaca. Selain memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik, triplek ini juga memiliki berbagai macam pilihan motif yang beragam.

Teakblock, Sumber : globalnetworkindonesia.com
Teakblock, Sumber : globalnetworkindonesia.com

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai harga papan kayu favorit di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai macam-macam papan kayu. Selain itu anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar harga papan kayu favorit di Indonesia maupun informasi lainnya pada laman website Jaya Podium.

Leave a Reply