Mengenal Ceramah Beserta Jenis Ceramah : Informasi Untuk Anda!

Siapa sih yang tidak kenal dengan ceramah, yaps ceramah biasanya berhubungan dengan hal yang berbau keagamaan. Sebelum membahas mengenai jenis ceramah, ciri-ciri ceramah, dan yang lainnya mengenai ceramah, mari kita bahas mengenai pengertian ceramah itu sendiri.

Ceramah sebenarnya hampir sama dengan pidato yaitu menyampaikan atau menerangkan atau menyiarkan petunjuk-petunjuk atau nasihat-nasihat keagamaan kepada pendengar atau audien oleh seseorang yang dianggap berkompeten.

Ceramah biasanya diadakan di temapt beribadah dengan posisi di penceramah berada pada podium ataupun mimbar yang sudah ada. Tujuannya agar si penceramah terlihat oleh para pendengar atau audien yang datang.

Ada beberapa ciri-ciri dari ceramah yang perlu anda ketahui apa saja ciri khususnya. Berikut adalah ciri-ciri dari ceramah :

And the amount of work that they have put into the help section. But don’t worry about this. BetVictor: OUR TIP: Three reasons for BetVictor https://betzoid.com. The fact that you can claim up-to 5 free bets is a great benefit as you have more opportunities to win and also more opportunities to try out Betfair and get a feel for them as an online bookmaker.

  1. Ceramah haruslah disampaikan oleh seseorang yang mengerti dan dianggap berkompeten dalam bidang tertentu atau pada bidang ilmu tertentu.
  2. Ceramah juga harus memiliki struktur yang jelas dan lengkap, yang terdiri dari pendahaluan, kemudian di lanjutkan dengan isi, barulah yang terakhir penutupnya.
  3. Dalam hal pemilihan tema atau pokok pembahasan biasanya tergantung dari jenis acara yang diselenggarakan, bisa juga dengan mengikuti perkembangan yang terjadi di masyarakat, atau masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.
  4. Tentu saja ceramah haruslah bersifat objektif, di sampaikan dengan jelas, dan sesuai dengan fakta atau kebenaran yang terjadi. Jangan ada kata-kata yang menggiring ke opini yang menimbulkan keributan atau permasalahan di masyarakat luas.
  5. Seperti pada umumnya bahasa yang digunakan oleh seorang penceramah menggunakan bahasa yang sederhana dan memudahkan orang untuk memahaminya.
Ilustrasi penceramah dengan audien, Sumber : unsyiah.ac.id
Ilustrasi penceramah dengan audien, Sumber : unsyiah.ac.id

Tujuan Ceramah

Tentu saja setiap ceramah memiliki beberapa tujuan khusus yang harus dipenuhi agar. Berikut di bawah ini beberapa tujuan ceramah yang harus anda ketahui.

1. Informatif

Yang dimaksud dengan informatif adalah ceramah dapat memberikan informasi kepada pendengar atau audien agar mampu memahami pesan atau informasi yang disampaikan. Di sini pemilihan bahasa juga berperan untuk mempermudah pendengar atau audien memahami pesan atau informasi tersebut.

2. Persuasif

Tujuan berikutnya ialah persuasif, maksudnya adalah ceramah dapat mengajak atau membujuk pendengar atau audien untuk melakukan sesuatu hal ke arah yang lebih baik sesuai isi maupun pesan yang telah disampaikan.

3. Argumentatif

Selanjutnya ialah argumentatif, tujuan argumentatif ini adalah dapat meyakinkan para pendengar atau audien ini melalui informasi yang telah disampaikan. Sama halnya dengan informatif, argumentatif juga menggunakan pilihan kata atau bahasa yang meyakinkan tetapi tetap mudah untuk dipahami.

4. Rekreatif

Nah tujuan dari ceramah selanjutnya ini ialah rekreatif, maksud dari rekreatif adalah pendengar atau audien dapat terhibur dengan menyimak atau mendengarkan ceramah yang disampaikan penceramah. Sehingga audien ini merasakan kebahagian atau kepuasan tersendiri setelah mengikuti atau mendengarkan ceramah tersebut.

5. Naratif

Tujuan berikutnya dari ceramah adalah naratif, ceramah bertujuan untuk menceritakan suatu hal atau kejadian kepada pendengar atau audien. Jadi pendengar seolah-olah sedang mendengarkan cerita agar tidak bosan dan merasa tidak nyaman saat mendengarkannya.

Ilustrasi berceramah di masjid, Sumber : kompasiana.com
Ilustrasi berceramah di masjid, Sumber : kompasiana.com

Unsur-Unsur Ceramah

Untuk ceramah sendiri ternyata terdapat beberapa unsur yang mendasarinya. Unsur-unsur dari ceramah adalah sebagai berikut di bawah ini.

1. Penceramah

Unsur pertama dari sebuah ceramah adalah penceramah, lalu siapa lagi yang akan menyampaikan ceramah jika tidak ada penceramahnya. Untuk menjadi penceramah harus lah dan wajib memiliki banyak ilmu dari beberapa materi yang akan disampaikan kepada audien atau pendengar. Jika penceramah tidak punya dasar ilmu yang kuat maka dikatakan informasi dari ceramah tersebut tidak berhasil tersampaikan dengan baik kepada para pendengar.

Menjadi seorang penceramah juga harus pintar untuk memilih kata-kata atau bahasa yang digunakan untuk menyampaikan informasi tersebut agar pendengar tertarik dan informasi dapat tersampaikan dengan lancar.

2. Pendengar Atau Audien

Unsur kedua dari ceramah adalah pendengar atau audien, sebagai orang yang menerima informasi dari materi yang disampaikan oleh seorang penceramah. Pendengar merupakan hal yang penting, karena jika tidak ada audien maka pesan dan informasi tersebut akan disampaikan kepada siapa.

3. Materi

Unsur berikutnya dari ceramah adalah materi, materi merupakan isi atau kandungan pokok masalah yang akan disampaikan penceramah kepada pendengar atau audien. Materi dari ceramah tersebut haruslah sesuai dengan tema acara yang diadakan. Materi yang disampaikan pun berasal dari ajaran-ajaran keagamaan.

Suasana saat ceramah, Sumber : cnnindonesia.com
Suasana saat ceramah, Sumber : cnnindonesia.com

Jenis-Jenis Ceramah

Ada 2 jenis ceramah yang perlu anda ketahui agar anda mengetahui perbedaannya maka simaklah penjelasan berikut ini.

1. Ceramah Khusus

Yang dimaksud dengan ceramah khusus adalah sebuah ceramah yang tujuannya untuk memberikan sebuah nasihat atau petunjuk yang ditujukan kepada khalayak tertentu yang sifatnya khusus baik itu dari segi materi maupun yang lainnya. Ada batasan-batasan yang digunakan untuk menyampaikan ceramah khusus ini sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Contoh ceramah khusus adalah ceramah untuk memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW atau yang lainnya.

2. Ceramah Umum

Yang dimaksud dengan ceramah umum adalah menyampaikan sebuah pesan atau maksud yang tujuannya untuk memberikan sebuah nasehat serta petunjuk yang ditujukan kepada khalayak ramai maupun masyarakat luas pada umumnya. Di dalam ceramah umum ini sifatnya menyeluruh, dala artian tidak ada batasan apapun dari para pendengar atau audiens yang sudah tua ataupun yang muda, materi yang digunakannya pun tidak ditentukan, sesuai dengan acara yang diadakan tetapi tetap relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Untuk metode berceramah pun juga hampir sama dengan metode berpidato diantaranya adalah metode impromptu, metode menghafalkan, metode membaca naskah, kemudian metode ekstemporan.

Setelah anda menyimak informasi mengenai ceramah beserta jenis ceramah, ciri-ciri ceramah, dan yang lainnya, anda juga dapat menyimak informasi lainnya seperti apa saja rukun khutbah jum’at yang harus dipenuhi.

Leave a Reply