Yuk Ketahui : Harga Papan Kayu Favorit di Indonesia

Kayu merupakan material populer yang digemari banyak orang karena dapat menghasilkan hunian atau kerajinan yang memberikan tampilan natural yang menawan. Biasanya para pengrajin atau pemilik rumah akan menggunakan papan kayu untuk membuat berbagai furniture rumah, kebutuhan rumah tangga, hingga pembuatan podium minimalis. Tentu saja untuk harga papan kayu favorit ini berbeda-beda tergantung dengan jenis kayu yang digunakannya.

Biasanya rumah atau perabotan yang terbuat dari kayu sering anda jumpai di daerah pedesaan, itulah mengapa di daerah pedesaan memiliki kesan yang sejuk dan lebih asri. Perbedaan hidup di kota dan di desa semakin terlihat dari bangunannya, jika di kota kebayakan masyarakat menggunakan barang-barang yang lebih modern. Namun untuk di desa masyarakat lebih sering menggunakan barang-barang yang masih tradisional dan terlihat alami, misalnya saja barang yang terbuat dari kayu.

Untuk perabotan yang berasal dari kayu memiliki harga yang berbeda-beda seperti halnya dengan podium atau mimbar. Untuk kisaran harga podium pidato, harga podium minimalis atau mimbar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal dalam penentuannya, misalnya saja dari seberapa besar ukuran podium minimalis yang anda butuhkan. Jika ukurannya semakin besar maka otomatis biayanya juga mengikuti dengan seberapa banyak material yang digunakan untuk pembuatan podium tersebut.

Harga papan kayu favorit, Sumber : margijatimakmur.com
Harga papan kayu favorit, Sumber : margijatimakmur.com

Daftar Harga Papan Kayu Berdasarkan Jenisnya

Jika saat ini anda berencana membangun sebuah hunian atau membuat furnitur maupun kebutuhan lainnya menggunakan kayu dalam bentuk papan, berikut di bawah ini Jaya Podium akan memberikan informasi terkait estimasi harga dari papan kayu favorit. Informasi ini untuk memudahkan dalam pemilihan papan kayu berdasarkan kualitas serta anggaran yang anda miliki.

1. Papan Kayu Meranti

Jenis kayu meranti ini dikenal dengan warna permukaannya yang berwarna merah. Warna tersebut dapat menunjukkan berapa usia yang dimiliki dari jenis kayu tersebut. Jika warnanya semakin gelap, itu menandakan bahwa kayu meranti tersebut memiliki umur yang makin tua, dan hal itu pula yang menandakan semakin baik dari segi mutunya. Anda dapat dengan mudah menjumpai jenis kayu ini karena tipe kayu komersil ini terkenal di wilayah Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

Dapat dikatakan bahwa jenis kayu meranti ini hampir merupakan jenis kayu yang sempurna. Mengapa demikian? Hal tersebut dapat terjadi karena bentuk fisik dari segi batang yang lurus, kemudian kayu ini tidak bercabang dan memiliki diameter yang besar. Lalu untuk harga dari papan kayu jenis ini berkisar di harga 80 ribu untuk ukuran 2 x 20 x 400 cm. Kayu meranti ini juga memiliki karakteristik keras dengan bobot ringan, berat, hingga sedang.

Papan kayu meranti, Sumber : bukalapak.com
Papan kayu meranti, Sumber : bukalapak.com

2. Papan Kayu Borneo

Selanjutnya ada kayu borneo, sesuai dengan namanya tentu sudah diketahui darimana asal kayu ini berasal. Yaps, kayu ini berasal dari kalimantan, yang mana pada jenis kayu ini terdapat satu ciri khas khusus yang dapat membedakan dengan tipe kayu lainnya. Ciri atau tanda tersebut ialah dari segi warna putih kekuningan yang ada pada jenis kayu borneo ini.

Selain itu, ciri lain dari papan kayu borneo adalah karakteristik dari bahan ini lunak hingga keras, sehingga cocok untuk pembuatan segala macam furniture. Jenis kayu ini juga termasuk tipe kayu yang berat, untuk estimasi harganya diperkirakan berkisar mulai dari 90 ribu untuk ukuran 3 cm x 20 cm x 400 cm. Kayu borneo ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu memiliki struktur yang sangat kuat sehingga cocok digunakan untuk mencetak beton. Tidak hanya itu, kayu borneo juga memiliki serat yang halus, awet, dan tidak mudah berubah.

Papan kayu borneo, Sumber : shopee.co.id
Papan kayu borneo, Sumber : shopee.co.id

3. Papan Kayu Mahoni

Kayu mahoni ini memiliki habitat asli di kawasan tropis, dimana kayu jenis ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai furniture. Mulai dari furniture yang berbentuk meja, kursi, podium, hingga beberapa jenis furniture lainnya. Untuk kualitasnya, kayu ini tidak kalah dengan kualitas kayu jati walaupun memang belum sebanding dengan kayu jati.

Meskipun begitu, kayu mahoni ini tetap termasuk jenis kayu favorit yang berkualitas unggul dan sering dianggap oleh masyarakat sebagai alternatif pengganti kayu jati. Untuk harga papan kayu mahoni berkisar diharga 30 ribu untuk ukuran 2 x 20 cm. Namun harganya dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya dengan menyesuaikan ukuran maupun daerah penjualannya.

Papan kayu mahoni, Sumber : tokopedia.com
Papan kayu mahoni, Sumber : tokopedia.com

4. Papan Kayu Jati Belanda

Berikutnya adalah kayu jati Belanda, tidak seperti namanya tipe kayu ini bukanlah kayu jati yang asli. Tetapi kayu ini berasal dari pohon pinus. Karakteristik dari jati belanda ini dapat anda lihat dari bobotnya yang ringan, seratnya yang halus, hingga memiliki warna yang cerah dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Kayu ini juga sering digunakan untuk pembuatan furniture, dikarenakan dalam proses pembentukannya dapat dibentuk dengan mudah dan bersifat lembut.

Meskipun seperti itu, jenis kayu ini cukup resisten terhadap benturan jadi harus berhati-hati dalam penggunaannya. Kemudian untuk segi harga dari papan kayu jati belanda ini berkisar diharga 170 ribu, untuk ukuran 2 x 60 x 100 cm. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, harga dari jenis kayu ini dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti ukuran serta penjualan dari daerah lain.

Papan kayu jati belanda, Sumber : lazada.co.id
Papan kayu jati belanda, Sumber : lazada.co.id

5. Papan Kayu Kamper

Kayu Kamper berasal dari pulau Kalimantan, namun saat ini kayu ini mulai banyak diberdayakan diberbagai daerah di Indonesia. Jenis kayu ini dikenal dengan tingkat ketahanan yang baik terhadap rayap, maka dari itu jenis papan kayu ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan bermacam furniture. Untuk segi harga dari papan kayu ini berkisar diharga 260 ribu untuk ukuran 3cm x 30 cm x 400 cm.

Papan kayu kamper, Sumber : thepinsta.com
Papan kayu kamper, Sumber : thepinsta.com

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai harga papan kayu favorit di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai macam-macam papan kayu. Selain itu anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar jenis-jenis HPL maupun informasi lainnya pada laman website Jaya Podium.

This Post Has One Comment

Leave a Reply