Fadhilah Bersedekah yang Wajib Anda Ketahui

  • Post published:
  • Post category:Islam

Islam merupakan agama yang sempurna lagi paripurna. Banyak sekali fadhilah atau keutamaan-keutamaan dalam setiap perintah agama islam. Seperti sholat qabliyah shubuh yang lebih baik dari dunia seisinya, berdzikir yang menjadi perisai dari berbagai keburukan, atau sedekah yang dikenal sebagai amalan penuh fadhilah. Apa sajakah berbagai fadhilah dari bersedekah? Simak artikel berikut ini.

Mengenal Sedekah

Sedekah merupakan suatu amalan sunnah rasul. Sedekah dalam bahasa Arab mengacu pada kata ‘sidq’ yang berarti kebenaran. Secara umum sedekah ialah suatu perbuatan menyisihkan sebagian harta di jalan Allah, hanya mengharap ridho Allah, tidak berharap imbalan apapun, karena merupakan wujud keimanan.

Namun tidak hanya itu, ada beberapa yang beranggapan bahwa sedekah tidak hanya tentang harta. Lebih dari itu, sedekah ialah segala perbuatan baik yang dilakukan hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah, hanya untuk dilihat Allah, seperti tasbih, tahmid, tahlil, sholat dhuha, bahkan hanya menyingkirkan duri dari jalan merupakan sedekah.

Sebagaimana sabda baginda Rasulullah SAW: “Kamu menyingkirkan sebuah batu, duri serta tulang belulang dari tengah jalan sudah termasuk sedekah.” (HR Bukhari).

Sedekah, Amalan Sarat Keutamaan. Fadhilah Sedekah yang Harus Anda Ketahui. Sumber: unsplash.com @cdubo
Sedekah, Amalan Sarat Keutamaan. Sumber: unsplash.com @cdubo

Karena sedekah ialah segala perbuatan baik, maka sedekah tidak terikat dengan tempat dan waktu. Anda dapat melakukan sedekah dimana pun, kapan pun, dengan cara apapun.

Fadhilah Bersedekah dalam Al Qur’an dan Sunnah

Allah telah mengabarkan berbagai fadhilah bersedekah dalam Al Qur’an maupun hadits Nabi. Diantara banyak fadhilah atau keutamaan-keutamaan dalam bersedekah yaitu;

1. Mendapat Pahala Berlipat

Keutamaan bersedekah yang pertama ialah pahala yang berlipat ganda. Allah telah berjanji dalam Al Qur’an akan melipatgandakan pahala orang-orang yang bersedekah di jalan Allah dengan penuh keikhlasan. Allah berfirman dalam Surah Al-Hadid ayat 18,

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik dari kalangan laki-laki maupun perempuan serta meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan melipatgandakan kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

2. Menghapus Dosa

Fadhilah bersedekah berikutnya ialah menghapuskan dosa-dosa. Perlu diketahui bahwa amalan baik yang dikerjakan penuh keikhasan, hanya mengharapkan ridho Allah dapat menghapus dosa-dosa yang telah dikerjakannya. Begitu pula dengan sedekah.

Sedekah dapat menghapus berbagai dosa yang telah dilakukan manusia, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Memanjangkan Umur

Fadhilah bersedekah berikutnya ialah sedekah dapat memperpanjang usia. Tidak hanya itu, bersedekah dapat menjadi wasilah (perantara) supaya mendapatkan akhir hidup yang baik (khusnul khatimah). Berita ini telah dikabarkan oleh baginda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam 14 abad yang lalu,

“Sesungguhnya sedekah yang dilakukan oleh seorang orang muslim dapat (menjadi perantara) menambah umurnya, mencegah dari kematian yang buruk, akan dihilangkan darinya sifat sombong, kefakiran serta sifat bangga terhadap diri sendiri.”(HR. Thabrani)

Sedekah dapat Memanjangkan Umur. Fadhilah Bersedekah yang Perlu Diketahui. Sumber: unsplash.com @jontyson
Sedekah dapat Memanjangkan Umur. Sumber: unsplash.com @jontyson

4. Dijauhkan dari Api Neraka

Selain itu, sedekah dapat menjadi perantara seseorang agar terhindar dari api neraka. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim: “Jauhkanlah dirimu dari api neraka meskipun hanya dengan (bersedekah) sebutir kurma.” (HR Bukhari Muslim)

5. Dinaungi di Hari Akhir

Saat hari akhir tiba, semua umat manusia dikumpulkan menjadi satu di Padang Mahsyar, untuk mempertanggungjawabkan seluruh perbuatannya di dunia. Saat itu sangat terik panas mencekam, tersebab matahari yang berjarak sejengkal dari kepala mereka. Tidak ada yang mampu menaungi mereka kecuali Allah. Mengenai hal ini, baginda Nabi SAW pernah bersabda:

“Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Lalu Yazid berkata: “(Sejak saat itu) Abul Khair tak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR. Al Baihaqi, Al Hakim dan Ibnu Khuzaimah).

6. Pintu Masuk Khusus ke Surga

Bagi orang-orang muslim yang gemar mendermakan hartanya di jalan Allah, ada kabar gembira untuk Anda. Anda akan dimasukkan ke dalam surga melalui pintu khusus. Ini merupakan bentuk keistimewaan yang Allah berikan kepada para hambaNya. Hal ini berdasarkan dari sabda Rasulullah SAW:

“Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” Bila ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat. Bila berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Bila dia berasal dari golongan orang yang gemar bersedekah, maka akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR Bukhari).

7. Membuka Pintu-Pintu Rezeki

Apabila menggunakan harta untuk memenuhi kebutuhan menjadikan harta berkurang, berbeda dengan sedekah. Seorang muslim yang menggunakan hartanya untuk bersedekah di jalan Allah, maka Allah akan mengganti harta bendanya dengan berkali-kali lipat.

Rasulullah bersabda, “Tidak ada suatu hari saat seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat. Lalu salah satunya berkata, “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedang yang satunya lagi berkata, “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).” (HR Bukhari dan Muslim)

Sedekah Membuka Pintu Rezeki. Fadhilah Bersedekah yang Perlu diketahui. Sumber: unsplash.com @jantinneberg
Sedekah Membuka Pintu Rezeki. Sumber: unsplash.com @jantinneberg

8. Terhindar dari Siksa Kubur

Saat seseorang meninggal dunia, ia akan ditanya tentang kehidupan dunianya dan apa-apa yang telah ia lakukan. Apabila seseorang banyak melanggar perintah tuhannya, serta senantiasa melakukan hal yang dilarang Rabbnya, akan ada siksa kubur yang menanti untuk bersihkan dosa-dosa.

Disaat genting dan mencekam ini, sedekah dapat menjadi perantara untuk menyelamatkan seseorang dari siksa kubur. Sebagaimana sabda Baginda Nabi: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur” (HR Thabrani).

Demikianlah beberapa fadhilah dari bersedekah. Sebagai umat muslim, kita wajib mengetahui berbagai fadhilah segala amal ibadah, supaya kita dapat termotivasi untuk terus istiqamah dalam menjalankan seluruh perintah-Nya. Semoga bermanfaat.

This Post Has One Comment

Leave a Reply