Ketahui Cara Merawat Podium Minimalis

Ternyata cara merawat podium minimalis dapat dilihat dari bahan apa podium itu dibuat. Karena beda bahan maka beda pula dari segi perawatannya. Seperti yang telah kami bahas sebelumnya ada beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk pembuatan podium diantaranya adalah stainless steel dan plywood.

Seperti yang anda ketahui bahwa multipleks atau plywood ini selain di pakai sebagai bahan pembuatan berbagai furniture rumah, juga dapat di gunakan sebagai bahan pembuatan podium. Dari segi harganya pun untuk podium minimalis maupun harga podium pidato ternyata bisa dipengaruhi dari beberapa hal, misalnya saja dari segi ukuran podium minimalis serta bahan pembuatnya.

Di bawah ini Jaya Podium akan membahas mengenai bagaimana cara perawatan podium dilihat dari bahan pembuatannya yaitu podium yang terbuat dari bahan stainless steel maupun podium yang terbuat dari bahan plywood.

Perawatan Podium Dari Bahan Plywood

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat podium dari bahan kayu lapis atau plywood ini agar strukturnya tidak mudah rusak, serta lapuk. Di bawah ini adalah cara perawatan yang dapat anda lakukan secara mandiri untuk meningkatkan ketahanan serta umur plywood.

1. Letakkan Podium Di Tempat Yang Tepat

Pilihlah lokasi untuk menempatkan podium dari bahan plywood di area yang memiliki suhu ruangan yang tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Serta pastikan bahwa anda meletakkan podium dari bahan plywood di area ruangan yang kering, dan tidak lembab. Jika anda meletakkannya di tempat yang tepat maka memungkinkan podium dari bahan plywood tersebut menjadi awet serta tahan lama.

Ilustrasi penempatan podium, Sumber : id.m.wiktionary.org
Ilustrasi penempatan podium, Sumber : id.m.wiktionary.org

2. Beri Jarak Antara Podium Dengan Dinding

Tahap perawatan selanjutnya adalah anda harus memberi jarak antara penempatan podium dengan dinding dan sangat diusahakan podium tidak menempel pada dinding. Berikan jarak kurang lebih sekitar 5 cm hingga 10 cm dari dinding.

Tujuannya diberikan jarak antara podium dengan dinding adalah agar podium tidak tertular dengan kelembaban yang ditimbulkan dari dinding. Karena jika tidak diberi jarak, maka resiko podium terkena jamur akibat tertular lembabnya dinding akan meningkat sehingga membuatnya cepat lapuk dan membuat strukturnya rusak.

Ilustrasi dinding, Sumber : properti.kompas.com
Ilustrasi dinding, Sumber : properti.kompas.com

3. Hindarkan Dari Air

Memberikan jarak podium dengan tembok untuk menghindari kelembaban tidak akan cukup jika anda tidak menghindarkannya dari kemungkinan terkena air. Mengapa demikian? Karena air dapat merusak bagian struktur podium yang terbuat dari kayu. Jika ditempatkan di lokasi yang basah dan berair, semakin lama Plywood akan mengelupas, cepat lapuk, cepat rusak, serta tidak akan tahan lama. Ingatlah bahwa plywood tidak akan awet apabila terkena air.

Ilustrasi percikan air, Sumber : wallpapersamazingfree.blogspot.com
Ilustrasi percikan air, Sumber : wallpapersamazingfree.blogspot.com

4. Rutin Membersihkan Podium

Rutin membersihkan tumpukan debu yang ada pada podium merupakan salah satu hal yang penting. Usahakan anda rutin membersihkannya minimal sebulan sekali untuk menghindarkan podium dikelilingi banyak debu agar debu yang menumpuk tidak menjadui noda yang membandel dan akan sulit dibersihkan. Maka dari itu membersihkan secara rutin diperlukan untuk membantu menjaga podium bebas dari noda membandel.

Ilustrasi rutin membersihkan, Sumber : liputan6.com
Ilustrasi rutin membersihkan, Sumber : liputan6.com

Perawatan Podium Dari Bahan Stainless Steel

Stainless steel terkenal sebagai bahan yang kuat dan anti karat. Namun tetap memerlukan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat podium dari bahan stainless steel agar tidak mudah rusak, tahan lama, dan tetap mengkilap. Di bawah ini adalah cara perawatan yang dapat anda lakukan secara mandiri untuk meningkatkan ketahanan stainless steel.

1. Rutin Membersihkan Podium

Sama halnya dengan podium yang terbuat dari bahan plywood, podium dari bahan stainless steel ini juga harus rutin membersihkannya. Lakukanlah minimal sebulan sekali agar noda yang menumpul tidak mengering dan akan sulit untuk membersihkannya. Karena noda yang sudah mengering perlu lebih banyak waktu dan sangat berpotensi merusak maupun menggores lapisannya jika anda tidak berhati-hati.

Membersihkan noda, Sumber : synthesisresidencekemang.id
Membersihkan noda, Sumber : synthesisresidencekemang.id

2. Menggunakan Larutan Air Sabun

Jika dirasa terdapat noda yang membandel maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat larutan air sabun. Siapkan pula botol air mineral yang sudah tidak dipakai kemudian isi botol dengan larutan air sabun tersebut. Setelah larutan sabun tersebut siap digunakan, semprotkan larutan tersebut ke noda yang menempel pada podium stainless tersebut. Kemudian diamkan lah untuk beberapa waktu.

Ilustrasi sabun, Sumber : bkkp.demakkab.go.id
Ilustrasi sabun, Sumber : bkkp.demakkab.go.id

3. Gunakanlah Spons Atau Kain Lap Basah

Siapkanlah spons atau kain lap yang basah untuk menggosok pemukaan podium yang bernoda tadi, anda tidak perlu menekannya dengan keras-keras lakukanlah secara hati-hati. Pastikan kain atau spons anda tetap dalam kondisi lembab untuk menghindari goresan kontamian yang berpotensi merusak. Jangan menggosok permukaan yang terkena noda dengan gerakan yang memutar, gosoklah ke kiri atau ke kanan saja supaya noda tidak menempel kembali.

Membersihkan menggunakan spons, Sumber : kompas.com
Membersihkan menggunakan spons, Sumber : kompas.com

4. Bilas Dengan Air Hangat

Setelah membersihkan noda dengan menggunakan kain bersih maupun spons, maka langkah selanjutnya adalah membilas podium dengan air hangat yang bersih. Serta pastikanlah semua busa sabun tidak tertinggal di permukaan, karena jika masih terdapat busa maka bisa meninggalkan goresan serta perubahan warna berwarna pelangi pada permukaan podium yang terbuat dari bahan stainless steel ini.

Air hangat, Sumber : cewekbanget.grid.id
Air hangat, Sumber : cewekbanget.grid.id

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara merawat podium minimalis dari bahan plywood maupun bahan stainless steel. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai cara merawat podium minimalis dari bahan pembuatannya agar tidak salah dan podium dapat awet serta tahan lama. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar jenis kayu multipleks maupun informasi lainnya yang dapat anda akses di laman website Jaya Podium.

Leave a Reply