Cara Mengatasi Glossophobia di atas Panggung

Apakah Anda pernah merasa gugup ketika sedang berbicara di depan khalayak ramai? Apakah Anda merasakan jantung Anda berdegup kencang dan keringat dingin deras bercucuran? Bila iya maka Anda mengalami fobia atau ketakutan berbicara di depan umum, biasa disebut glossophobia. Bagaimana itu bisa terjadi? Adakah cara mengatasi glossophobia ini? Simak sampai akhir artikel berikut ini.

Apa itu Glossophobia?

Glossophobia merupakan salah satu jenis fobia sosial, yaitu gangguan kecemasan yang membuat penderita mempunyai ketakutan yang sangat berlebihan saat dirinya berbicara di depan banyak orang. Glossophobia bukan termasuk penyakit atau fobia yang mengerikan, karena penderitanya hanya takut dan gugup pada kondisi tertentu, yaitu saat dirinya berbicara di depan umum.

Glossophobia bisa dialami oleh siapa saja, baik muda atau tua, kaya atau miskin, laki-laki atau perempuan. Meski tidak termasuk fobia yang mengerikan, apabila glossophobia dibiarkan akan menimbulkan penyakit yang serius.

Penyebab Glossophobia

Meski belum dapat disimpulkan secara pasti, namun ada banyak variabel yang menyebabkan seseorang dapat mengalami glossophobia. Rata-rata penderita mempunyai ketakutan yang kuat saat bicara di depan umum karena takut dipermalukan, dicaci-maki, dipermalukan dan sebagainya. Mungkin ada kenangan yang kurang menyenangkan, yang membuat dirinya merasa trauma.

Glossophobia ialah rasa takut dan gugup saat bicara di depan banyak orang. Cara mengatasi glosshophobia. Sumber: shutterstock.com
Glossophobia ialah rasa takut dan gugup saat bicara di depan banyak orang. Sumber: shutterstock.com

Yang Dialami Penderita Glossophobia

Saat seseorang yang menderita glossophobia diminta untuk berbicara di depan banyak orang, misalnya saat presentasi, pidato, khutbah, atau lainnya, maka dalam diri penderita glossophobia sebenarnya mengalami respon perlawanan tidak ingin. Ini merupakan mekanisme alami dalam tubuh yang sudah terbentuk demikian. Untuk mengubahnya butuh waktu yang tidak sebentar, butuh tenaga yang tidak sedikit.

Ada banyak gejala yang dirasakan oleh seseorang yang menderita ketakutan dan rasa gugup saat bicara di depan orang (glossophobia), diantaranya detak jantung berdetak cepat karena tekanan darah yang meningkat, gemetaran, mual muntah-muntah, timbul sesak napas (hipervensi), keringat yang berlebih, sakit pusing, otot terasa tegang, hingga merasa ingin sendiri.

Cara Mengatasi Glossophobia

Berikut tips-tips cara mengatasi glossophobia (fobia berbicara di depan umum) untuk Anda:

1. Persiapan Matang

Sebelum tampil di depan khalayak ramai, kita sudah selayaknya mempersiapkan diri dan berlatih menguasai materi jauh sebelum hari h suatu agenda. Mempersiapkan materi tidak akan bisa satu dua jam sebelum tampil, karena saat itu otak belum optimal dalam menangkap dan menyimpan materi.

Dengan persiapan jauh-jauh hari, materi yang akan disampaikan diharpkan sudah menempel di otak, sehingga hal ini dapat meminimalisir munculnya rasa takut saat berbicara di depan atau glossophobia. Misalnya saja sewaktu tampil fobia tersebut masih ada, setidaknya kita sudah menguasai materi yang akan disampaikan

2. Perbanyak Air Putih

Air putih dapat dibilang sesuatu yang wajib dipenuhi untuk membuat tubuh dapat bekerja dengan optimal. Air putih akan menetralisir berbagai zat-zat yang membahayakan bagi tubuh. Selain itu, air putih akan menjadikan tubuh lebih segar, pikiran semakin fresh dan tidak mudah stres. Anda dapat pula menghilangkan rasa gugup dengan minum air putih, karena air putih dapat tingkatkan konsentrasi.

Minum air putih salah satu cara mengatasi glossophobia. Sumber: health.detik.com
Minum air putih salah satu cara mengatasi glossophobia. Sumber: health.detik.com

3. Permen Karet

Tips cara mengatasi glossophobia berikutnya ialah dengan mengkonsumsi permen karet. Setelah ditelisik, permen karet memiliki manfaat bisa mengurangi rasa stres dan juga cemas. Karena saat mengunyah permen karet, maka air liur akan meningkat. Ketika air liur meningkat, menjadikan hormon stres atau kortisol berkurang, sehingga kadar kecemasan dan stres seseorang akan turun.

Dengan mengunyah permen karet, daya ingat otak Anda akan meningkat, membuat Anda tidak perlu kesusahan dalam menyampaikan materi di depan orang banyak.

4. Percaya Diri

Dari sekian tips dan cara, percaya diri merupakan inti dalam mengatasi rasa takut saat bicara di panggung (glossophomia). Kepercayaan yang tinggi menjadi obat untuk mengatasi glossophomia. Supaya percaya diri terbangun dalam diri, Anda harus punya mindset Anda pasti bisa. Buang semua ketakutan dalam diri, katakan bahwa setiap orang pernah gagal, dan orang hebat ialah orang yang bangkit dari kegagalan.

Anda akan mendapatkan kepercayaan diri yang tinggi serta tidak takut akan kegagalan atau kesalahan. Sehingga cemoohan orang-orang tidak akan membuat diri Anda menciut.

5. Rileks

Dengan rileks, tenang, santai, semua jadi lebih mudah. Saat berbicara di depan, diharapkan untuk tetap rileks dan tidak tegang. Anda perlu menghilangkan beban pikiran dengan cara menghirup napas panjang-panjang, hembuskan perlahan. Ulangi sampai 10 kali. Setelah itu Anda dapat menyegarkan pikiran dengan tersenyum bahagia sebelum tampil di depan khalayak ramai.

Rileks salah satu cara mengatasi glossophobia. Sumber: shutterstock.com @EpicStockMedia
Rileks salah satu cara mengatasi glossophobia. Sumber: shutterstock.com @EpicStockMedia

6. Hipnoterapi

Apabila setelah melakukaan semua tips cara mengatasi glossophobia diatas namun belum kunjung diberi ketenangan, segera hubungi psikolog terdekat. Anda dapat melakukan hipnoterapi supaya rasa takut bicara di depan dapat hilang dari diri Anda. Caranya psikolog akan berikan sugesti pada pasien supaya dapat hilangkan fobia tersebut. Namun ini merupakan cara terkahir bila kesemua tips diatas tidak memperlihatkan progres yang baik.

7. Berdoa

Sebanyak apapun kita berusaha tetap kita hanya bisa mengusahakan, bukan mengadakan. Hanya Dia yang mampu mengadakan dan meniadakan. Maka dari itu perlu dipastikan bahwa kita selalu taat dalam setiap aturanNya, sujud disepertiga malam, berbisik ke bumi namun terdengar sampai langit. Berdoa sebelum tampil dapat menjadikan hati tenang, karena kita serahkan semua hasil kepada Allah.

Demikianlah beberapa tips cara mengatasi glossophobia untuk Anda. Maka sebelum Anda tampil diatas mimbar, Anda perlu membaca artikel ini agar dapat mengantisipasi bila muncul gejala glossophobia. Beberapa artikel mengenai publik speaking juga dapat Anda simak, seperti tips lancar bicara dan cara kuasai audiens. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa.

Leave a Reply