Bahan Pembuatan Podium Yang Perlu Anda Ketahui

  • Post published:
  • Post category:Produk

Podium telah sering kita jumpai pada saat mendatangi sebuah acara, seperti seminar, rapat kerja, atau acara formal lainnya. Podium digunakan oleh seseorang untuk menyampaikan sambutan, pidato, atau materi yang telah dipersiapkan. Saat ini banyak sekali podium minimalis dan mimbar minimalis yang bentuknya bervariasi dan makin menarik. Lalu sebenarnya bahan pembuatan podium itu dari apa sih? Simak informasi di bawah ini ya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bahan pembuatan podium, mari kita membahas terlebih dahulu apa itu sebenarnya podium dan mimbar. Sebenarnya podium dan mimbar memiliki fungsi yang sama yaitu tempat untuk memberikan atau menyampaikan sesuatu hal kepada khalayak ramai oleh satu orang yang memiliki kepentingan tertentu pada sebuah acara.

Biasanya podium digunakan untuk acara formal seperti pada acara peresmian, seminar, rapat, kegiatan universita, kegiatan instansi pemerintah, dan masih banyak lagi. Begitu pula dengan mimbar digunakan untuk acara formal namun acara formal disini menyangkut keagamaan dan biasanya terdapat di sebuah tempat ibadah contohnya masjid. Mimbar digunakan untuk mengisi acara seperti ceramah keagamaan yang disampaikan oleh seorang ustad, atau untuk menyampaikan khutbah sholat jum’at, dan yang lainnya.

Podium minimalis dari bahan kombinasi antara plywood dengan stainless steel, Sumber : Ig @jayapodium
Podium minimalis dari bahan kombinasi antara plywood dengan stainless steel, Sumber : Ig @jayapodium

Ternyata mimbar sudah ada sejak dahulu kala loh, bahkan mimbar telah ada pada zaman Rasulullah SAW. Pada awal mulanya mimbar berbentuk sebuah gundukan yang digunakan sebagai tempat duduk Rasulullah SAW untuk menyampaikan khutbah. Tujuannya agar Rasulullah SAW mengenali orang asing yang datang menemui beliau. Pertama kali mimbar dibuat saat Masjid Nabawi sedang dibangun, dan waktu dulu mimbar tidak seperti sekarang. Bentuknya nampak sederhana hanya terbuat dari batu bata dan kayu dari pelepah kurma yang ditumpuk.

Seiring perkembangan zaman mimbar telah mengalami kemajuan dari yang sederhana sekarang sudah banyak model yang bervariasi, dan telah berkembang juga dengan adanya podium minimalis yang membuat sebuah ruangan untuk pertemuan terlihat lebih elegan karena terdapat podium tersebut.

Bahan Pembuatan Podium

Ada berbagai bahan untuk pembuatan podium minimalis tersebut, yang saat ini makin banyak penggemarnya karena selain dilihat dari fungsinya, orang pun juga melihat dari segi tampilannya yang semakin elegan. Simak informasi di bawah ini yang telah kami rangkum untuk anda.

1. Podium Dari Bahan Kayu

Bahan pembuatan podium yang pertama adalah dari bahan kayu. Kayu yang digunakan disini adalah plywood. Untuk anda yang belum mengerti apa itu plywood, plywood merupakan papan material yang disusun dari beberapa lapis kayu yang telah melalui proses perekatan dan pemampatan dengan tekanan tinggi.

Plywood sendiri terdiri dari beberapa kombinasi lapisan serat-serat kayu dan kulit kayu dengan lapisan permukaan luar lebih kuat daripada lapisan tengah yang berfungsi untuk mereduksi pemuaian dan tekanan tekuk. Sifat dasar dari plywood ini tidak mudah untuk di tekuk, kemudian lebih tahan cuaca dan mudah dibentuk terutama untuk pembuatan furniture rumah hunian.

Ada beberapa jenis Plywood yang dapat anda temukan dengan mudah di pasaran yaitu plywood dari kayu pinus, kemudian plywood dari kayu sengon, lalu plywood dari kayu sungkai. Harga plywood sendiri yang ukuran standar perlembar menyesuaikan dengan varian ketebalan plywood tersebut.

Ada beberapa kelebihan dari plywood ini diantaranya adalah plywood kuat akan segala cuaca dan tidak mudah ditekuk, plywood ini juga tahan akan air jadi tidak perlu khawatir akan lapuk saat terkena air hujan misalnya, kemudian plywood juga memiliki kekuatan yang lebih kokoh untuk digunakan sebagai rangka pembuatan berbagai jenis furniture maupun mebel.

Podium minimalis kayu dari bahan plywood, Sumber : Ig @jayapodium
Podium minimalis kayu dari bahan plywood, Sumber : Ig @jayapodium

2. Podium Dari Bahan Stainless Steel

Bahan selanjutnya yang digunakan untuk pembuatan podium adalah stainless steel. Stainless steel adalah bahan panas dengan daya tahannya yang lebih kuat dibandingkan dengan besi atau baja biasa. Stainless steel ini merupakan baja tahan karat yang dapat tahan terhadap pengaruh oksigen karena mempunyai lapisan oksida yang stabil pada bagian permukaannya.

Selain digunakan sebagai bahan pembuatan podium, stainless steel ternyata juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan tumbler loh. Di dalam stainless steel juga mengandung unsur chromium lebih dari 10,5% loh oleh sebab itu bahan ini mampu melindungi dari gejala-gejala korosi yang disebabkan oleh beberapa pengaruh lingkungan.

Ada beberapa jenis dari stainless steel, diantaranya adalah stainless steel martensitic, stainless steel ferritic, stainless steel austenitic, kemudian stainless steel duplex. Stainless steel juga memiliki kelebihan diantaranya, tahan akan korosi yang tinggi, bahan ini juga tahan akan panas dan dapat mempertahankan kekuatan pada temperatur yang tinggi, serta mudah untuk dibersihkan.

Podium minimalis dari bahan stainless steel, Sumber : Ig @jayapodium
Podium minimalis dari bahan stainless steel, Sumber : Ig @jayapodium

Kedua bahan utama di atas dapat dikombinasikan menjadi podium kombinasi antara kayu dengan stainless steel. Jika 2 bahan ini disatukan tentu saja akan menciptakan podium jenis kombinasi yang menambah daya tahan kekuatannya serta tidak akan berkarat.

Setelah pembentukan dan perakitan podium selesai, kami Jaya Podium akan menambahkan aksesoris pelapis dengan motive atau texture kayu yang alami. Ada juga variasi pelapis dengan menggunakan warna-warna yang solid atau single color, yang semuanya bisa dilakukan pemesanan secara custom glossy maupun dop yang sesuai dengan keinginan dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Itu tadi informasi mengenai bahan pembuatan podium yang telah kami paparkan di atas, semoga dapat menambah informasi serta memperluas wawasan anda. Anda juga dapat menyimak informasi menarik lainnya yang terdapat pada halaman podium minimalis.

Leave a Reply