Ikuti Amalan Rasul Ini Yuk Sebelum Tidur!

  • Post published:
  • Post category:Islam

Setiap orang yang telah melakukan berbagai kegiatan seharian sudah pasti memerlukan istirahat. Tidur merupakan kegiatan istirahat yang bermanfaat untuk dilakukan. Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita mencontoh kebiasaan baik yang diajarkan oleh Rasulullah. Misalnya saja dengan mengikuti amalan yang dianjurkan oleh Rasul sebelum tidur.

Dengan mengikuti sunah Rasul, kegiatan tidur anda dapat bernilai pahala serta diridhai oleh Allah loh. Bahkan Allah SWT akan mengirimkan malaikat untuk menjaga tidur anda agar tidak diganggu oleh setan. Terkait melakukan aktivitas tidur di dalam Alquran juga sudah ada pada surat An Naba ayat 9, yang artinya : “Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.”

Mengamalkan kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah, dapat membuat diri anda menjadi lebih tenang. Apalagi amalan yang dilakukan sebelum tidur, yang nantinya akan membuat tubuh lebih segar dan bugar ketika bangun di pagi hari. Sehingga anda akan lebih mudah melakukan berbagai aktivitas, jika badan anda sehat dan bugar.

Amalan Rasulullah sebelum tidur, Sumber : klikdokter.com
Amalan Rasulullah sebelum tidur, Sumber : klikdokter.com

Inilah Amalan Sunah Sebelum Tidur

Agar kualitas tidur anda baik dan terhindar dari gangguan setan, maka dianjurkan untuk mengikuti amalan sunah dari Rasul sebelum tidur. Apa saja amalan tersebut? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Membersihkan Tempat Tidur

Sebelum istirahat tidur, sebaiknya membiasakan diri untuk membersihkan serta merapikan tempat tidur sebelum maupun setelah tidur. Menghilangkan debu serta kotoran yang menempel di bantal atau permukaan tempat tidur, merupakan hal yang baik untuk menjaga kesehatan kulit serta pernapasan.

Selain itu, membacakan basmallah juga penting untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT. Karena anda tidak mengetahui apa saja sesuatu yang tidak terlihat dan terdapat di kasur. Oleh sebab itu, Rasulullah juga menganjurkan untuk membersihkan tempat tidur.

Hal tersebut juga dijelaskan oleh Rasulullah di dalam sebuah hadits yang berbunyi : “Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Membersihkan tempat tidur, Sumber : satujam.com
Membersihkan tempat tidur, Sumber : satujam.com

2. Berwudhu

Amalan sebelum tidur selanjutnya adalah berwudhu. Rasulullah menganjurkan umatnya untuk pergi berwudhu sebelum tidur. Kebiasaan wudhu tersebut baik untuk dilakukan, sebagai upaya menjaga diri agar tetap dalam keadaan suci walaupun sedang tidur terlelap.

Bahkan keadaan tidur sering sekali dianggap sebagai kondisi setengah mati, ada juga yang mengalami kematian pada saat tidur. Jadi tidur dalam keadaan suci dapat menjadikan persiapan diri, jika meninggal dalam keadaan tidur dan bersih dari hadas.

Di dalam hadits Rasulullah juga dijelaskan bahwa : “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR Al-Bukhari No 247 dan Muslim No 2710).

Ilustrasi berwudhu, Sumber : m.dream.co.id
Ilustrasi berwudhu, Sumber : m.dream.co.id

3. Menunaikan Sholat Witir

Ada kalanya seseorang yang memiliki niat untuk menunaikan sholat witir bersamaan dengan sholat tahajud. Namun jika tidak yakin bisa bangun di seperti malam, maka sebaiknya melaksanakan sholat witir tersebut sebelum tidur.

Berdasarkan sabda dari Rasulullah yang dijelaskan oleh Abu Hurairah : “Kekasihku yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan dua rakaat sholat dhuha, (3) mengerjakan witir sebelum tidur.” (HR Bukhari no. 1981).

Ilustrasi sholat witir, Sumber : bersamadakwah.net
Ilustrasi sholat witir, Sumber : bersamadakwah.net

4. Membaca Ayat Kursi

Membaca ayat kursi sebelum tidur memiliki keutamaan, yaitu Allah akan melindungi anda dari gangguan setan hingga pagi hari. Hal tersebut sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW membenarkan perkataan berikut ini:

“Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi,” (HR. Bukhari).

Membaca ayat kursi, Sumber : cerdikindonesia.pikiran-rakyat.com
Membaca ayat kursi, Sumber : cerdikindonesia.pikiran-rakyat.com

5. Membaca Surat Pendek

Amalan yang disunahkan sebelum tidur berikutnya ialah membaca 3 surat pendek, yaitu surat An-Nas, Al Falaq, dan Al-ikhlas. Dari Aisyah RA berkata:

“Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ketempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali.” (HR. Muslim).

Membaca surat pendek, Sumber : republika.co.id
Membaca surat pendek, Sumber : republika.co.id

6. Membaca Doa Sebelum Tidur

Rasulullah mengajarkan kepada umatnya untuk memulai serta mengakhiri sesuatu hal dengan membaca doa. Salah satu contohnya yaitu mengawali tidur dengan berdoa. Di dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda yang bunyinya :

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: “Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).” Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324).

Ilustrasi membaca doa sebelum tidur, Sumber : ragambahasakita.blogspot.com
Ilustrasi membaca doa sebelum tidur, Sumber : ragambahasakita.blogspot.com

7. Melakukan Zikir

Dengan melakukan zikir dapat membuat hati menjadi lebih tenang. Selain itu membaca zikir sebelum tidur juga merupakan amalan sunah yang selalu dilakukan serta diajarkan oleh Rasulullah. Rasulullah bersabda di dalam sebuah hadits :

“Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku kepadaMu, karena senang (mendapatkan rahmatMu) dan takut pada (siksaanMu, bila melakukan kesalahan). Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)Mu, kecuali kepada-Mu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) Nabimu yang telah Engkau utus.” (HR Al-Bukhari no 6313 dan Muslim no. 2710).

Berzikir, Sumber : republika.co.id
Berzikir, Sumber : republika.co.id

Apabila anda membutuhkan berbagai jenis podium minimalis maupun mimbar maka tidak perlu bingung, anda bisa order di Jaya Podium. Untuk mengetahui harga podium minimalis, anda bisa mengunjungi laman website kami atau dapat menghubungi kontak yang tertera. Selain itu, anda juga bisa memilih bahan yang ingin anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai amalan sunah dari Rasul sebelum tidur. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi anda. Ikuti artikel menarik lainnya yang dapat membantu menambah wawasan anda dari Jaya Podium.

This Post Has One Comment

Leave a Reply