7 Tips Lancar Berpidato,-

Public Speaking / Pidato adalah kegiatan berbicara di depan publik (umum) berorasi untuk menyatakan pendapat, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. biasanya dibawakan oleh orang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.

7 Tips Lancar Berpidato

Pasti kamu pernah merasakan gelisah, nervous, atau bahkan tidak punya keberanian saat pertama akan berpidato, jangankan pertama berpidato sampai sekarangpun masih kayak gitu?

Tenaaaang… ga usah risau…

Dalam Artikel ini saya akan berbagi tips agar kamu bisa berpidato dengan lancar dan hebat..!

Berikut adalah 7 Tips yang sangat jitu agar pidato kamu lancar, aman, dan terkendali :

1. Menggunakan Bahasa Yang Mudah Difahami

Gunakan Bahasa yang mudah difahami saat membuat materi pidato, ini akan sangat membantu mempersimple atau mempermudah kita saat berbicara 

Selain itu pidato yang kita sampaikan akan lebih mudah dimengerti oleh pendengar.

7 Tips Lancar Berpidato

Tips yang kedua  ini adalah kunci kelancaran kamu saat akan berpidato, karena dengan belajar menghafal Materi kamu akan bisa menguasai materi tersebut.

Usahakan kamu sudah hafal dan faham benar dengan materi yang akan kamu bawa, kalau materinya sudah diluar otak, bukan hanya melancarkan kita saat berpidato tapi juga akan menambah rasa percaya diri yang besar.

7 Tips Lancar Berpidato

3. Latihan Berbicara Sebelum Berpidato

Tips ini tidak hanya berguna saat kamu berpidato nanti, tapi juga membuat kamu tahu kelemahan diri sendiri, Latihan berbicara ini bisa dengan cara :

  • Berbicara pada orang dekat disekitar kita, bicara dan dialog santai, ini berfungsi meredam rasa gugup juga gagap saat berpidato nanti.
  • Berbicara didepan Cermin, Latihan ini biasa dilakukan oleh kebanyakan orang saat akan berpidato, fungsinya tidak lain adalah untuk membuat kita lebih percaya diri pada penampilan kita.
7 Tips Lancar Berpidato

Senam bibir sangat berpengaruh, juga termasuk salah satu tips jitu yang mempunyai pengaruh besar pada kelancaran berpidato kita, 

Pemanasan ini membantu otot-otot wajah dan bibir menjadi lebih fleksibel dan tidak kaku, ada banyak jenis senam bibir, dan yang paling terkenal adalah dengan hanya mengucapkan A-I-U-E-O secara berulang kali.

7 Tips Lancar Berpidato

5. Berpidato Menggunakan Seni Berbicara

Seni berbicara dalam hal ini adalah mengetahui dan bisa menempatkan tempo saat berbicara, Tahu saat kita harus berbicara santai, cepat, pelan, keras, dan berhenti bicara sejenak.

Jangan pernah berpidato menggunakan tempo yang datar, karena itu akan membuat pendengar cepat merasa bosan, sehingga materi yg susah payah kita tulis dan hafalkan akan menjadi sia-sia dan tidak menarik sama sekali.

7 Tips Lancar Berpidato

Bahasa tubuh akan membuat pendengar lebih mudah memahami isi materi yang kamu bawakan. Bukan hanya itu, bahasa tubuh juga membuat pidatomu tidak terkesan garing, datar, ataupun monoton.

Selain itu tips ini juga membuat kamu tetap rilex, dikarenakan pergerakan tubuh akan meminimalisir rasa kaku yang kamu alami saat berpidato.

7 Tips Lancar Berpidato

7. Selalu Tersenyum & Menjaga Kepercayaan Diri

Tetap tersenyum dan jangan pernah memperlihatkan ekspresi wajah gugup, cemas, dan perasaan negative lainnya.

Menjaga agar tetap Percaya Diri sangatlah sulit jika Keenam tips diatas belum kamu lakukan. Tetapi, jika kamu sudah memperaktikkan keenam tips diatas kemungkinan besar kamu sudah siap berpidato. 

Penting..!!

Jika kamu sudah menghafal materi tapi masih pelupa, kamu bisa mengimprove isi materi pada pidatomu, atau agar lebih aman lagi disarankan untuk membawa naskah ke atas meja podium/mimbar yang anda gunakan. 

Sekian artiel tentang 7 Tips Agar Lancar Berpidato ,sekian dari saya semoga bermanfaat..

Beli Podium/Mimbar minimalis Murah dan Berkualitas!!