5+1 Alasan Kenapa Minimalisme Disukai Banyak Orang

5+1 Alasan Kenapa Minimalisme Disukai Banyak Orang

Minimalisme disukai banyak orang.

Minimalisme disukai banyak orang
Source : Design photo created by freepik – www.freepik.com

Baik. sekarang kita akan bahas sesuatu yang sedang hype, tren dan populer sekali di dunia modern. yaitu minimalisme.

Yang kita bahas adalah minimalisme dari segi desain furniture yaa.. desain minimalis juga merupakan bagian dari gaya hidup minimalis yang di akhir-akhir 2020 sangat digandrungi banyak orang.

Notabene, gaya hidup minimalis dan segala sesuatu yang berdesain minimalis disukai oleh kaula muda milenials..

Tapi tak jarang juga sebagian baby boomers juga menyukai gaya hidup minimalis dan furniture yang berdesain minimalis.

Lalu mengapa furniture dengan gaya minimalisme sangat disukai oleh sebagian banyak dari kita ?

Kenapa Minimalisme Disukai Banyak Orang ?

01 Minimais itu simpel dan estetis.

Simpel karena furniture dengan gaya minimalis tidak terlalu neko-neko soal warna. Warna yang dipakai biasanya hanya warna-warna dasar yaitu abu-abu, putih dan hitam.

sebagian juga memakai warna coklat corak kayu atau pohon. Warna-warna ini dianggap sebagai warna-warna yang adem dan tidak bikin sakit mata.

Dari segi ukuruan juga furniture dengan desain minimalis memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil dan ramping. Kenapa harus kecil dan ramping ?

Karena sejalan dengan filosofi gaya hidup minimalis “The smaller the better”. Dengan ukuran yang serba kecil dan ramping, furniture tidak akan memakan banyak ruangan di rumah. Contohnya seperti Podium Minimalis buatan produksi rumahan kami

Furniture dengan desain minimalis juga dinilai lebih estetis dimata kebanyakan orang karena mungkin kebanyakan dari kita juga sudah bosan dengan desain furniture dengan full warna, mulai dari merah, kuning sampai hijau yang menghiasi hari hari kita sejak kita kecil, membuat kita bosan dan saat kita lihat furniture dengan desain warna yang minimalis terasa lebih baru.

02 Bersifat Netral

Abu-abu, putih dan hitam adalah warna-warna yang umum dipakai untuk segala sesuatu yang bsersifat minimalis.

Dan seperti yang kita ketahui bahwa warna-warna tersebut adalah warna-warna netral.

Dengan ini seakan-akan kita mengistirahatkan mata kita.

Karena bersifat netral. kita jadi tidak perlu pusing untuk memilah milih warna kembali karena warna tersebut mudah melebur kedalam warna apapun.

03 Fokus Kepada Fungsi

Minimalisme sangat berfokus kepada fungsi. Segala sesuatu yang ada di rumah atau di ruangan kamu harus memiliki fungsi tertentu. Jika tidak maka meniadakannya adalah satu-satunya cara agar ruangan kamu tetap terlihat minimalis.

Dengan ruanganmu akan lebih sederhana dan terlihat lebih lega karena barang-barang yang ada didalamnya jadi lebih sedikit.

Dengan kesederhanaan ini membuat ruanganmu tidak penuh sesak oleh hiasan-hiasan atau benda-benda yang tidak memiliki fungsi penting.

Contoh : Di ruang makan. cukup ada 1 meja, 4 kursi saja. dengan itu ruang makan-mu jadi terlihat luas dan lega.

04 Lebih Mudah Dirapihkan

Minimalisme membuat segala sesuatu lebih mudah dirapihkan…

Tentu saja lebih mudah dirapihkan, karena tidak ada banyak benda dan barang yang harus dirapihkan.

Kalau rumah kita berisi banyaaak sekali barang dan benda yang tidak berguna, dan kita kehabisan ruang buat menyimpan barang-barang tersebut, maka solusi terbaiknya dengan menumpuk-numpuk benda-benda tersebut.

Dengan menumpuknya barang-barang tersebut membuat kita jadi tidak happy karena ada sesuatu yang berantakan.

05 Jenuh Dengan Desain yang Mainstream

Minimalisme disukai banyak orang bisa jadi dikarenakan orang-orang sudah mulai bosan dengan desain-desain dan gaya hidup yang ada sekarang..

kalau bahasa inggrisnya sudah “overwhelmed” alias sudah jenuh akut dengan gaya yang itu-itu saja.

Terutama milenials, tentu kita-kita ini ingin ada pengalaman baru. Karena experience is the best teacher kata buku sidu hehe..

+1 Banyak yang Mengkampanyekan

Di Indonesia. salah satu publik figur yang mengkampanyekan gaya hidup minimalis adalah Raditya Dika dan David gadgetin. Dan masih banyak lagi publik figur yang menerapkan gaya hidup minimalis.

Raditya Dika dan banyak publik figur lainnya banyak memberi andil dalam mempengaruhi netizen untuk ikut menerapkan gaya hidup minimalis..

Terlebih publik figur tersebut memiliki jutaan followers setia.

Mereka yang sudah merasakan gaya hidup minimalis dan merasakan mereka menjadi lebih “bahagia” jelas akan menyarankan orang lain untuk sama-sama menerapkan minimalisme.

Terlebih kecenderungan masyarakat dan anak muda milenials saat ini yang senang bersosial media..

Lewat sosial media ini jadi lebih banyak lagi orang-orang yang tau tentang minimalisme dan mulai mencoba menerapkannya kedalam kehidupan.

Jika kamu punya masukan untuk artikel ini, jangan sumkan untuk komen dibawah ya..

Jadi itulah 5+1 alasan kenapa minimalisme disukai banyak orang

Syauqi Muhammad Najmi

Salah satu penulis di Jaya Podium. Jebolan pesantren yang terjun ke dunia digital marketing dan ingin membuktikan kalau santri itu agile, fleksibel dan bisa menjadi apapun !

Leave a Reply